Kompas TV regional berita daerah

358 Anak Korban Banjir Sukabumi Jalani "Trauma Healing"

Senin, 28 September 2020 | 08:00 WIB

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Seminggu pascabanjir bandang di wilayah Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, bantuan logistik terus berdatangan dan melimpah. 

Namun kini warga membutuhkan peralatan dapur, karena tak ada alat untuk memasak.

Air bah yang melanda permukiman seminggu lalu, membuat peralatan memasak milik warga rusak dan tidak bisa digunakan. 

Saat ini bantuan logistik yang menumpuk di gudang, bahkan terancam rusak, karena tidak bisa diolah dengan peralatan masak seadanya, yang saat ini dipakai warga korban banjir.

Sementara itu, BPBD dan relawan lainnya , terus melalukan normalisasi wilayah terdampak banjir. 

Normalisasi  dilakukan terhadap seluruh bagian yaitu jalan jembatan sungai dan juga rumah terdampak yang saat ini sudah mencapai 90 persen.

Normalisasi sungai jadi prioritas, untuk mengantisipasi banjir bandang susulan sehingga air bisa mengalir dengan baik.

Sementara itu, sebanyak 358 anak korban banjir bandang di Sukabumi Jawa Barat, mendapat pemulihan trauma atau trauma healing dari dinas sosial setempat dan para relawan. 

Trauma healing dilakukan untuk mengembalikan kondisi mental anak-anak dan menghilangkan rasa takut pasca-bencana.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, anak-anak ini diajak bermain, mulai dari permainan tradisional, menggambar hingga mendongeng.

Trauma healing yang sudah berjalan dua hari ini, bertujuan untuk menghilangkan rasa trauma, terhadap bencana banjir bandang, yang melanda kampung mereka.


 

Penulis : Merlion Gusti


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:28
BACA LIPUTAN SEPUTAR VAKSINASI COVID-19 DALAM HARIAN KOMPAS EDISI KHUSUS: KLIK.KOMPAS.ID/EDISIVAKSIN   GARDA REVOLUSI IRAN MENGUJI COBA RUDAL BALISTIKNYA TERHADAP TARGET DI SAMUDRA HINDIA   BRASIL KIRIM KEMBALI DOKUMEN UNTUK PENGGUNAAN DARURAT VAKSIN KORONA SPUTNIK V BUATAN RUSIA   MENKEU PORTUGAL JOAO LEAO POSITIF TERINFEKSI KORONA   ITALIA MENANGGUHKAN PENERBANGAN DARI BRASIL ATAS TANGGAPAN JENIS BARU VIRUS KORONA   GOR SUDIRMAN DI GARUT, JABAR, DISEGEL KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   JEMBATAN PENGHUBUNG JALUR TRANS-KALIMANTAN DI KECAMATAN MATARAMAN, BANJAR, KALSEL TERPUTUS   PVMBG: SELAIN GUNUNG SEMERU, GUNUNG API ILE LEWOTOLOK DAN GUNUNG SINABUNG JUGA AKTIVITAS VULKANIKNYA MASIH TINGGI   BPBD JATIM IMBAU WARGA TIDAK BERAKTIVITAS DI AREA DALAM RADIUS 1 KILOMETER DARI PUNCAK GUNUNG SEMERU   SEMBILAN KECAMATAN DI PROBOLINGGO TERDAMPAK HUJAN ABU VULKANIK GUNUNG SEMERU   TIM SAR TERUS SISIR PENCARIAN KORBAN YANG TERJEBAK DALAM RERUNTUHAN GEMPA DI MAMUJU, SULAWESI BARAT   BNPB MINTA MASYARAKAT MAMUJU TAK TERPENGARUH ISU HOAKS SOAL GEMPA BUMI SULAWESI BARAT   PERTAMINA BANTU BAHAN BAKAR, SEMBAKO & ALAT KESEHATAN UNTUK DAERAH BENCANA DI KALSEL, MAJENE, DAN SUMEDANG   KEMENKES: ORANG TANPA GEJALA COVID-19 TETAP BISA DIBERI VAKSIN