Kompas TV internasional kompas dunia

NY Times: Trump Hanya Bayar Pajak Sejumlah USD 750 di Tahun Dia Mencalonkan Diri Sebagai Presiden AS

Senin, 28 September 2020 | 06:05 WIB
ny-times-trump-hanya-bayar-pajak-sejumlah-usd-750-di-tahun-dia-mencalonkan-diri-sebagai-presiden-as
Presiden AS, Donald Trump. (Sumber: AP)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Donald Trump ternyata hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar $ 750 (sekitar Rp 11.100.000) di tahun ia mencalonkan diri sebagai presiden dan pada tahun pertamanya di Gedung Putih. Laporan ini diungkap oleh The New York Times.

Trump, yang sangat menjaga laporan pajaknya, merupakan satu-satunya presiden di zaman modern yang tidak mempublikasikannya. Ternyata Trump tidak membayar pajak penghasilan federal dalam 10 dari 15 tahun terakhir. Padahal dalam setiap kampanye, dia selalu mengumbar statusnya sebagai miliarder dan pengusaha sukses.

Berbicara pada konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyebut laporan itu sebagai berita palsu dan mengatakan dia telah membayar pajak, meskipun dia tidak memberikan rinciannya.

Pengungkapan ini menurut the New York Times, berasal dari data pengembalian pajak yang diperolehnya selama dua dekade. Laporan the New York Times muncul pada momen penting menjelang debat presiden pertama pada Selasa mendatang. Pemilu AS juga akan dilaksanakan pada beberapa minggu mendatang, antara Partai Republik yang mencalonkan Trump kembali sebagai Presiden dan Partai Demokrat yang mencalonkan Joe Biden.

Presiden AS berjanji akan mengungkap semua informasi tentang pajaknya. Tapi dia tidak menyebut kapan akan mengungkap informasi tentang pajaknya. Janji serupa juga pernah dilontarkannya dalam kampanye 2016  lalu.

Faktanya, presiden telah mengajukan gugatan pengadilan terhadap mereka yang mencari akses pada pelaporan pajaknya, termasuk parlemen AS, yang menuntut akses ke pengembalian pajak Trump sebagai bagian dari pengawasan kongres.

Seorang pengacara untuk Trump Organization, Alan Garten, dan juru bicara Trump Organization tidak menanggapi permintaan komentar dari The Associated Press atas laporan tersebut.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:20
MENTERI PPPA DORONG PEREMPUAN TERLIBAT DAN KAWAL PROSES PILKADA SERENTAK 2020   PEMPROV BANTEN PERPANJANG PSBB DI TANGERANG SELATAN SELAMA SATU BULAN   KEMENDESA PDTT TARGETKAN PENDIRIAN 5.300 LEMBAGA KEUANGAN DESA HINGGA 2022   MENKES: TINGKAT KESEMBUHAN PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MELAMPAUI PERSENTASE KESEMBUHAN SECARA GLOBAL   SATGAS PEN: BANTUAN SUBSIDI UPAH PEKERJA YANG BERPENGHASILAN DI BAWAH RP 5 JUTA GELOMBANG DUA CAIR NOVEMBER-DESEMBER   CEGAH BANJIR, KAMPUNG SEPATAN, JAKARTA UTARA, BUAT KOLAM RETENSI SEPANJANG 400 METER DAN KEDALAMAN 6 METER   POLISI PERIKSA PENGEMBANG MELATI RESIDENCE TERKAIT KASUS TURAP LONGSOR DI CIGANJUR   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM PENGADILAN TIPIKOR JAKARTA TOLAK EKSEPSI JAKSA PINANGKI   KETUA SATGAS PEN SEBUT SERAPAN ANGGARAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL BELUM CAPAI 50 PERSEN   PT BIO FARMA BANTAH HARGA VAKSIN COVID-19 SINOVAC UNTUK INDONESIA LEBIH MAHAL DARI BRASIL   KETUA TGPF BENNY MAMOTO UNGKAP HINGGA KINI BELUM ADA SAKSI MATA DALAM KASUS PENEMBAKAN PENDETA YEREMIA   BAWASLU KALIMANTAN BARAT TEMUKAN 12 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA 2020   KETUA DPR PUAN MAHARANI: PILKADA PENTING DIGELAR DEMI PASTIKAN PENANGANAN COVID-19 DI DAERAH TERLAKSANA DENGAN BAIK   MENPAREKRAF WISHNUTAMA KUSUBANDIO: PROTOKOL KESEHATAN KUNCI BANGKITNYA PARIWISATA