Kompas TV internasional kompas dunia

NY Times: Trump Hanya Bayar Pajak Sejumlah USD 750 di Tahun Dia Mencalonkan Diri Sebagai Presiden AS

Senin, 28 September 2020 | 06:05 WIB
ny-times-trump-hanya-bayar-pajak-sejumlah-usd-750-di-tahun-dia-mencalonkan-diri-sebagai-presiden-as
Presiden AS, Donald Trump. (Sumber: AP)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Donald Trump ternyata hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar $ 750 (sekitar Rp 11.100.000) di tahun ia mencalonkan diri sebagai presiden dan pada tahun pertamanya di Gedung Putih. Laporan ini diungkap oleh The New York Times.

Trump, yang sangat menjaga laporan pajaknya, merupakan satu-satunya presiden di zaman modern yang tidak mempublikasikannya. Ternyata Trump tidak membayar pajak penghasilan federal dalam 10 dari 15 tahun terakhir. Padahal dalam setiap kampanye, dia selalu mengumbar statusnya sebagai miliarder dan pengusaha sukses.

Berbicara pada konferensi pers di Gedung Putih, Trump menyebut laporan itu sebagai berita palsu dan mengatakan dia telah membayar pajak, meskipun dia tidak memberikan rinciannya.

Pengungkapan ini menurut the New York Times, berasal dari data pengembalian pajak yang diperolehnya selama dua dekade. Laporan the New York Times muncul pada momen penting menjelang debat presiden pertama pada Selasa mendatang. Pemilu AS juga akan dilaksanakan pada beberapa minggu mendatang, antara Partai Republik yang mencalonkan Trump kembali sebagai Presiden dan Partai Demokrat yang mencalonkan Joe Biden.

Presiden AS berjanji akan mengungkap semua informasi tentang pajaknya. Tapi dia tidak menyebut kapan akan mengungkap informasi tentang pajaknya. Janji serupa juga pernah dilontarkannya dalam kampanye 2016  lalu.

Faktanya, presiden telah mengajukan gugatan pengadilan terhadap mereka yang mencari akses pada pelaporan pajaknya, termasuk parlemen AS, yang menuntut akses ke pengembalian pajak Trump sebagai bagian dari pengawasan kongres.

Seorang pengacara untuk Trump Organization, Alan Garten, dan juru bicara Trump Organization tidak menanggapi permintaan komentar dari The Associated Press atas laporan tersebut.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:31
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER