Kompas TV internasional kompas dunia

Pertempuran Pecah di Wilayah Sengketa Armenia-Azerbaijan, 18 Orang Tewas

Senin, 28 September 2020 | 04:27 WIB
pertempuran-pecah-di-wilayah-sengketa-armenia-azerbaijan-18-orang-tewas
Foto ini dipublikasikan oleh Kementerian Pertahanan Armenia pada Minggu (27/9/2020). Tentara Armenia menghancurkan kendaraan tempur Azerbaijan di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh. (Sumber: Kementerian Pertahanan Armenia via AP)

YEREVAN, KOMPAS.TV - Pertempuran antara pasukan Armenia dan Azerbaijan kembali meletus atas sengketa wilayah separatis Nagorno-Karabakh. Kementerian Pertahanan Armenia mengatakan 16 tentara dan dua warga sipil telah tewas, serta lebih dari 100 orang lainnya terluka.

Sementara Presiden Azerbaijan mengatakan militernya mengalami kerugian, tetapi tidak memberikan keterangan lebih rinci mengenai kerugian yang dialaminya.

Armenia juga mengklaim bahwa empat helikopter Azerbaijan ditembak jatuh dan 33 tank Azerbaijan serta kendaraan tempur terkena tembakan artileri. Kementerian Pertahanan Azerbaijan menolak klaim sebelumnya bahwa dua helikopter ditembak jatuh.

Pertempuran sengit terjadi pada Minggu (27/9/2020) di wilayah yang terletak di Azerbaijan.  Namun wilayah ini berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh pemerintah Armenia sejak tahun 1994.

Belum jelas apa yang memicu pertempuran itu, namun bentrokan ini adalah yang terburuk sejak sejak bentrokan Juli yang menewaskan 16 orang dari kedua belah pihak.

Otoritas Nagorno-Karabakh melaporkan bahwa penembakan menghantam ibu kota wilayah Stepanakert dan kota Martakert dan Martuni. Juru bicara Kementerian Pertahanan Armenia Artsrun Hovhannisyan juga mengatakan penembakan Azerbaijan menghantam wilayah Armenia dekat kota Vardenis.

Seperti dilansir dari Associated Press, Kementerian Pertahanan di teritorial ini mengatakan, 18 orang tewas, termasuk seorang wanita dan cucunya. Lebih dari 100 orang lainnya terluka akibat bentrokan ini.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:11
MENTERI PPPA DORONG PEREMPUAN TERLIBAT DAN KAWAL PROSES PILKADA SERENTAK 2020   PEMPROV BANTEN PERPANJANG PSBB DI TANGERANG SELATAN SELAMA SATU BULAN   KEMENDESA PDTT TARGETKAN PENDIRIAN 5.300 LEMBAGA KEUANGAN DESA HINGGA 2022   MENKES: TINGKAT KESEMBUHAN PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MELAMPAUI PERSENTASE KESEMBUHAN SECARA GLOBAL   SATGAS PEN: BANTUAN SUBSIDI UPAH PEKERJA YANG BERPENGHASILAN DI BAWAH RP 5 JUTA GELOMBANG DUA CAIR NOVEMBER-DESEMBER   CEGAH BANJIR, KAMPUNG SEPATAN, JAKARTA UTARA, BUAT KOLAM RETENSI SEPANJANG 400 METER DAN KEDALAMAN 6 METER   POLISI PERIKSA PENGEMBANG MELATI RESIDENCE TERKAIT KASUS TURAP LONGSOR DI CIGANJUR   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM PENGADILAN TIPIKOR JAKARTA TOLAK EKSEPSI JAKSA PINANGKI   KETUA SATGAS PEN SEBUT SERAPAN ANGGARAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL BELUM CAPAI 50 PERSEN   PT BIO FARMA BANTAH HARGA VAKSIN COVID-19 SINOVAC UNTUK INDONESIA LEBIH MAHAL DARI BRASIL   KETUA TGPF BENNY MAMOTO UNGKAP HINGGA KINI BELUM ADA SAKSI MATA DALAM KASUS PENEMBAKAN PENDETA YEREMIA   BAWASLU KALIMANTAN BARAT TEMUKAN 12 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA 2020   KETUA DPR PUAN MAHARANI: PILKADA PENTING DIGELAR DEMI PASTIKAN PENANGANAN COVID-19 DI DAERAH TERLAKSANA DENGAN BAIK   MENPAREKRAF WISHNUTAMA KUSUBANDIO: PROTOKOL KESEHATAN KUNCI BANGKITNYA PARIWISATA