Kompas TV internasional kompas dunia

Pelarangan Tiktok di AS: Ketika Aplikasi Hiburan Dihubungkan Dengan Keamanan Dalam Negeri

Senin, 28 September 2020 | 03:03 WIB
pelarangan-tiktok-di-as-ketika-aplikasi-hiburan-dihubungkan-dengan-keamanan-dalam-negeri
Ilustrasi TikTok di tengah pusaran ketegangan AS dan China. (Sumber: Reuters)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Pengacara TikTok memohon kepada hakim federal AS untuk menunda larangan terhadap aplikasi berbagi video populer ini di Amerika Serikat (AS), Minggu (27/9/2020).

Pengacara TikTok menyebut, langkah ini akan melanggar hak dalam amandemen pertama dan merugikan bisnis dengan kerugian yang tidak dapat diperbaiki.

Sidang selama 90 menit ini dilakukan setelah Presiden Donald Trump menyatakan larangan pada aplikasi TikTok di AS, pada musim panas ini. Trump menyebut bahwa TikTok adalah ancaman bagi keamanan nasional.

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan China ByteDance, sedang berusaha keras untuk membuat kesepakatan, yang sementara sudah dicapai seminggu yang lalu, di mana ia akan bermitra dengan perusahaan teknologi Oracle dan Walmart. Diharapkan Kerjasama ini akan mendapat restu dari pemerintah China dan Amerika. Hingga kini, mereka masih berjuang agar aplikasi TikTok tetap tersedia di AS.

Larangan untuk mengunduh TikTok, yang digunakan oleh sekitar 100 juta orang di AS, ditunda sekali lagi oleh pemerintah. Larangan yang lebih komprehensif dijadwalkan pada November, sekitar seminggu setelah pemilihan presiden.

Hakim Carl Nichols dari Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia mengatakan dia akan membuat keputusan pada Minggu malam, dan membiarkan nasib TikTok masih tergantung.

Seperti dilansir dari Associated Press, dalam argumennya kepada Hakim Nichols, pengacara TikTok John Hall mengatakan bahwa TikTok lebih dari sebuah aplikasi, tetapi lebih merupakan "versi modern dari alun-alun kota".

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:35
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER