Kompas TV nasional berita kompas tv

Membahas Soal Ujian Pandemi Covid-19 di Indonesia: Kepemimpinan, Kebijakan dan Koordinasi

Kompas.tv - 27 September 2020, 21:50 WIB

KOMPAS.TV - Sejak awal Maret kita menghadapi pandemi covid-19.

Namun, sekadar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, tentang dasar penularan covid-19 saja, kita masih tertatih-tatih.\

Jangankan mengenakan masker secara tepat, meminta warga, bahkan pejabat, untuk tidak berkerumun saja, rasanya begitu sulit.

Masuk bulan ke-7 pandemi, seharusnya urusan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sudah tak lagi jadi problem.

Seharusnya, saat ini kita sudah maju sekian langkah, untuk memastikan menekan pertambahan kasus.

Sepekan menjelang persis 7 bulan pandemi, kita masih berkutat dengan kampanye masker yang katanya akan bergantian dengan kampanye jaga jarak, lalu kampanye cuci tangan, melewatkan sekian bulan golden period saat masyarakat sedang tanggap-tanggapnya terhadap pandemi.

Apalagi, Pilkada terus digaungkan, di tengah kekhawatiran para tokoh masyarakat, atas kemungkinan ledakan kasus seiring dan setelah pilkada. 

Boleh lah mengajukan beragam alasan, beserta dasar konstitusionalnya mengapa pilkada harus tetap digelar. Namun di sinilah, kebijaksanaan para pemimpin negeri diuji.

Jumlah kasus covid-19 di Indonesia terus naik, belum tampak melandai, meski kapasitas tes kita masih masuk kategori rendah.

Namun ketika para pemimpin, petinggi negara, masih saja seolah kaget merespons pandemi, kita harus bertanya, sudahkah pendekatan penanganan pandemi ada di jalur yang tepat?

Sudahkah para pemimpin benar-benar mencerminkan kepemimpinan yang krusial di tengah krisis kesehatan? 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x