Kompas TV klik360 cerita indonesia

Video Call dengan Jokowi, Perawat Ini Ceritakan Pengalamannya Tangani Covid-19

Minggu, 27 September 2020 | 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo berbincang dengan Sifira Kristiningrum, seorang perawat di RSAL Dr. Ramelan, Surabaya yang sehari-hari bertugas menangani pasien positif Covid-19.

Presiden Joko Widodo mendengar cerita dan perjuangan para tenaga medis di rumah sakit, tantangan yang mereka hadapi, hingga keluh kesah para pasien.

Suster Fira bercerita bahwa dirinya telah bertugas menangani pasien yang terpapar Covid-19 selama lima bulan, atau sejak bulan Mei lalu. Selama rentang waktu tersebut, ia bisa dikatakan jarang bertemu dengan keluarganya.

Di rumah sakit tempatnya bertugas, Suster Fira sehari-hari ditempatkan di ruangan Intensive Care Unit (ICU) yang memiliki 16 tempat tidur dan dilengkapi dengan 11 ventilator. Menurut penuturannya, dalam dua minggu terakhir ini pasien yang masuk ke ICU menurun.

Jokowi juga bertanya mengenai bagaimana pasien yang terpapar covid-19 di RS tersebut.

Selama menangani pasien yang terpapar Covid-19, Suster Fira mengaku bahwa para pasien sering merasa ketakutan.

Menurutnya, jika pasien tersebut sesak napas tetapi dalam kondisi sadar, pasti mengeluh takut.

Suster Fira pun menitipkan pesan bagi seluruh masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, dengan disiplin.

Di akhir percakapan, Presiden pun menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja keras dan dedikasi Suster Fira beserta seluruh perawat, dokter, dan tenaga medis lainnya dalam menangani dan merawat pasien yang terdampak Covid-19.

"Saya menyampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh perawat, tenaga kesehatan, dokter semuanya karena memang bekerja menangani Covid ini tidak ringan. Memakai APD sampai 8 jam itu sesuatu juga yang sangat berat sekali. Oleh sebab itu, sekali lagi saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi apa yang oleh Mbak Fira lakukan beserta seluruh rekan-rekan perawat, tenaga kesehatan, dokter, semuanya dalam berjuang terus melawan Covid ini. Semoga semuanya segera cepat selesai," ujar Presiden Presiden.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:05
WHO GELAR PERTEMUAN INTERNASIONAL DENGAN SEJUMLAH AHLI DAN PAKAR UNTUK SELIDIKI ASAL MULA PENYEBARAN KORONA   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TAK LENGAH TEGAKKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI   SIANG INI, POLRES BOGOR BERLAKUKAN SISTEM SATU ARAH DI JALUR PUNCAK GUNA ANTISIPASI ARUS BALIK LIBUR PANJANG   DKI JAKARTA TERPILIH SEBAGAI KOTA TERBAIK DI DUNIA DALAM SUSTAINABLE TRANSPORT AWARD 2021   INDONESIA JADI TUAN RUMAH UNTUK KUALIFIKASI NOMOR KANO OLIMPIADE TOKYO   DUBAI AKAN MEMBUAT 12 PANTAI BUATAN BARU DAN SEJUMLAH RUANG HIJAU DENGAN LUAS 8 JUTA METER PERSEGI   ORGANISASI PARIWISATA DUNIA (WTO) PERKIRAKAN PARIWISATA GLOBAL AKAN PULIH PADA KUARTAL KETIGA 2021   SINGAPURA TERIMA WISATAWAN TIONGKOK MULAI 6 NOVEMBER 2020   MENHUB BUDI KARYA SUMADI JANJI BERI SOLUSI UNTUK NELAYAN YANG TERDAMPAK DARI PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PASTIKAN PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG BEROPERASI TERBATAS PADA AKHIR NOVEMBER 2020   MULAI NOVEMBER 2020, PT KAI DAOP IX JEMBER TAMBAH OPERASIONAL KERETA API SEIRING DENGAN PENINGKATAN PENUMPANG   KEMENTERIAN PERTANIAN SIAPKAN PROGRAM NASIONAL SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI DAMPAK LA NINA   PEMERINTAH SEBUT BANYAKNYA HOAKS JADI HAMBATAN PELAKSANAAN PROSES VAKSINASI KORONA   PRESIDEN JOKOWI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK HIDUPKAN KEMBALI BUDAYA TANGGUH BENCANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI