Kompas TV nasional viral

Viral Trik Tersembunyi Uang Rp 75.000 Bisa "Nyanyi" Indonesia Raya, BI Bilang Begini

Kompas.tv - 27 September 2020, 16:25 WIB
viral-trik-tersembunyi-uang-rp-75-000-bisa-nyanyi-indonesia-raya-bi-bilang-begini
Desain uang peringatan 75 tahun kemerdekaan RI yang akan diluncurkan hari ini, Senin (17/8) pukul 11.15. (Sumber: Dok. Bank Indonesia)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ramai di media sosial Twitter jika uang edisi khusus kemerdekaan pecahan Rp 75.000 bisa menampilkan video paduan suara.

Untuk membuka video tersebut, tak bisa dengan mata telanjang, melainkan lewat sebuah aplikasi bernama Ivive. Caranya adalah membuka aplikasi Ivive lalu akan terbuka layar seperti layaknya kita mau mengambil foto/video di smartphone.

Dalam hitungan detik, maka akan muncul video lagu Indonesia Raya. Diketahui, video tersebut diunggah oleh akun Twitter @repvblikvideo.

Tak hanya itu, video berbeda muncul pada pecahan uang Rp 100.000 yang dapat dilihat menggunakan aplikasi Ivive. Untuk pengoperasian aplikasi Ivive pada uang Rp 100.000 ini diunggah oleh akun Twitter @WhySatriantoro.

Baca Juga: Hore! Uang Rp 75.000 Edisi HUT RI Bisa Dipesan Lagi Secara Kolektif, Begini Syaratnya

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengungkapkan, pihaknya tidak membuat konten augmented reality (AR) pada uang Rp 75.000.

"Bank Indonesia tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000 (UPK75) ataupun di uang rupiah lainnya," ujar Onny saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Terkait viralnya unggahan itu, Onny menyampaikan, BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di UPK75. Sebab, uang rupiah dalam penggunaannya dilindungi undang-undang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.