Kompas TV video cerita indonesia

Pada Jokowi, Dokter Ini Ungkap Apa yang Paling Dirasakan Pasien Covid-19

Kompas.tv - 27 September 2020, 12:53 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melakukan perbincangan melalui sambungan video dengan dokter spesialis paru yang ikut menangani pasien Covid-19.

Momen perbincangan tersebut terunggah dalam channel Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (27/9/2020).

Dalam perbincangan dengan dr. Faisal Rizal Matondang, Sp.P, membuat Presiden Joko Widodo merasakan betul perjuangan, dedikasi, dan kerja keras yang ditunjukkan para dokter di tengah pandemi Covid-19. 

Bahkan, melalui perbincangan itu terungkap bahwa dokter yang bertugas menangani pasien Covid-19 di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso tersebut sempat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

"Dokter Faisal lagi di mana? Sepertinya sedang tidak bertugas?" tanya Presiden di awal pembicaraan. 

"Hari ini saya pertama masuk, Pak, setelah saya menjalani perawatan. Saya terkena Covid. Jadi saya sudah menjalani perawatan segala macam," jawab Faisal.

Dokter Faisal menangani pasien Covid-19 semenjak bulan Januari 2020 di Indonesia. Pasien pertama Covid-19 ditanganinya pada bulan Maret 2020.

Sebelumnya, Dokter Faisal telah menjalani perawatan untuk memulihkan kondisinya. Setelah melalui sejumlah pemeriksaan dan dilakukan tes usap, ia dinyatakan sembuh dan dapat kembali bertugas.

"Alhamdulillah sudah sembuh. Dokter Faisal, bagaimana penanganan Covid di RSPI Sulianti Saroso?" Presiden melanjutkan perbincangan.

Dokter spesialis paru lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tersebut menjelaskan bahwa perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan standar dari Kementerian Kesehatan. 

Faisal juga menjelaskan, bahwa kebosanan merupakan salah satu hal utama yang dirasakan pasien saat menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Untuk mengatasi hal tersebut, Faisal memberikan atensi yang lebih untuk berbincang dengan pasiennya, meski merasakan sesak selama menggunakan masker dan APD.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.