Kompas TV nasional update corona

Instruksi Kemenkes Soal Pemindahan Set ICU, Wisma Atlet Cukup 2 Saja

Minggu, 27 September 2020 | 10:41 WIB
instruksi-kemenkes-soal-pemindahan-set-icu-wisma-atlet-cukup-2-saja
Surat Instruksi pemindahan set ICU RSD Wisma Atlet. (Sumber: Dok Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 34 set ICU Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dialihkan ke rumah sakit lain. Pengalihan tersebut merupakan instruksi dari Menteri Kesehatan.

Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono dalam konferensi pers di Wisma Atlet kemarin, Sabtu (26/9/2020), mengatakan sebanyak 34 set ICU yang berada di RSD Wisma Atlet akan dipindahkan ke Rumah Sakit Pendidikan Universitas Indonesia di Depok sebagai rumah sakit rujukan.

Alasannya, rumah sakit lain juga membutuhkan set ICU untuk melakukan penanganan pasien Covid-19. Sementara Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet disisakan lima set ICU.

Baca Juga: Wisma Atlet: Bukan Pembongkaran, tapi Pemindahan Fasilitas ICU

Sebelum adanya keputusan pengalihan dengan jumlah 34 set dan tujuan rumah sakit adalah RS Pendidikan UI, instruksi Kementerian Kesehatan berbeda.

Salinan instruksi Kementerian Kesehatan yang diterima Kompas TV, sebanyak 37 set ICU di Wisma Atlet yang dialihkan. Sementara Wisma Atlet hanya disisakan dua unit saja.

"Adapun dua set lainnya tetap berada di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet," seperti tertulis dalam salinan yang diterima Kompas TV, Minggu (27/9/2020).

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2
3
4



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:45
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO TERIMA ANUGERAH “RISING STAR OF DEMOCRACY”   MAKI NILAI VONIS PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS KORUPSI DI ASURANSI JIWASRAYA BISA BERI EFEK JERA BAGI KORUPTOR   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM PEMANTAU KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN SECARA ”REAL-TIME”   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI   CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   BAWASLU RIAU AWASI KETAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT KAMPANYE   PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: APLIKASI SIPETAK UNTUK MENINGKATKAN AKURASI DATA PENGELOLAAN TAMBAK   KEPALA PUSKESMAS KELURAHAN PISANGAN MINTA 103 WNA PENCARI SUAKA YANG MENUNGGU HASIL TES USAP ISOLASI MANDIRI   MENKOMINFO: HAK ATAS KEBEBASAN BEREKSPRESI DAN BERPENDAPAT DI INDONESIA MEMILIKI BATAS YANG HARUS DIPATUHI   POLRI SEBUT OPERASI YUSTISI EFEKTIF TERTIBKAN MASYARAKAT PATUHI PROTOKOL KESEHATAN   MENLU RETNO MARSUDI DORONG PERUSAHAAN AMERIKA SERIKAT BERINVESTASI DI INDONESIA