Kompas TV video cerita indonesia

Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Beroperasi, Masih Gratis Hingga 2 Pekan

Kompas.tv - 26 September 2020, 23:08 WIB
Penulis : Laura Elvina

PEKANBARU, KOMPAS.TV - Masyarakat bisa melalui Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Riau, yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, tanpa harus membayar alias gratis mulai Sabtu (26/9/2020) pukul 06.00 WIB

Jalan bebas hambatan sepanjang 131,5 kilometer ini akan digratiskan dua pekan atau selama masa percobaan. Hal itu dilakukan agar masyarakat teredukasi.

"Selama dua minggu ke depan masyarakat digratiskan melewati Tol Pekanbaru-Dumai," ucap Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan, Sabtu (26/9/2020).

Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera masih menunggu penetapan tarif jalan tol sepanjang 131,5 kilometer itu dari Menteri PUPR.

Baca Juga: Wow!! Tol Pekanbaru - Dumai Hampir 70 KM Lebih Pendek Dari Jalan Biasa

Namun, meskipun gratis, pengguna jalan tol yang akan melintas tetap harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini.

Fungsi kartu tersebut untuk membuka gerbang di gerbang masuk dan keluar jalan tol itu.

Dalam sambutannya saat peresmian secara virtual, Jumat (25/9/2020), Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengatakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang menelan biaya Rp 12,18 triliun itu telah rampung dan dapat dioperasikan secara penuh untuk kegiatan produktif baik.

Jalan tol ini, lanjutnya, merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.878 km yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

"Tol ini akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju, serta kawasan industri dan perkebunan lainnya," jelas Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x