Kompas TV nasional sapa indonesia

Menkes Terawan Perintahkan Pemindahan 34 Set ICU dari RSD Wisma Atlet ke RS UI

Kompas.tv - 26 September 2020, 22:45 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah memindahkan 34 set ICU di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, ke Rumah Sakit Pendidikan Universitas Indonesia, di Depok, Jawa Barat. Langkah ini sebagai bentuk, koordinasi mempercepat penanganan pandemi corona.

Koordinator Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Mayjen Tugas Ratmono menjelaskan, dari 39 set ICU di Rsd Wisma Atlet, sebanyak 34 di antaranya dipindahkan ke Rumah Sakit UI Depok.

5 ICU yang tersisa di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, dimaksimalkan untuk penanganan pasien corona, jika kondisinya memburuk. Saat ini, RS UI Depok, tengah disiapkan sebagai rumah sakit rujukan covid-19.

Sementara itu, Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, menyiapkan Wisma Makara Universitas Indonesia, sebagai lokasi isolasi pasien covid-19. Seiringbertambahnya jumlah pasien covid-19, di Kota Depok.

Ada 60 ruangan dan 150 tempat tidur, di Wisma Makara Universitas Indonesia, yang sedang disiapkan untuk pasien covid-19. Ruang isolasi di Wisma Makara UI ini akan dikhususkan bagi pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

34 fasilitas ICU di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, dipindahkan ke Rumah Sakit Pendidikan Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat.

Tersisa hanya 5 fasilitas ICU di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, yang akan dimaksimalkan untuk menangani pasien jika kondisinya memburuk.

Pemindahan ICU ini adalah keputusan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk integrasi penanganan pandemi covid-19 di Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.