Kompas TV nasional politik

Amnesty Internasional Soroti Eks Tim Mawar di Kementerian Pertahanan

Minggu, 27 September 2020 | 05:00 WIB
amnesty-internasional-soroti-eks-tim-mawar-di-kementerian-pertahanan
Tim Mawar (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Amnesty Internasional Indonesia menyoroti dua mantan anggota Tim Mawar yang ditunjuk untuk menjadi bagian di Kementerian Pertahanan.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 166/TPA Tahun 2020 yang mengangkat dua mantan anggota Tim Mawar. Keduanya adalah, Brigjen Dadang Hendrayudha dan Brigjen Yulius Stevanus.

Dengan pengangkatan tersebut, Amnesty Internasional Indonesia menganggap pemerintah mengenyampingkan hak-hak korban dan keluarga korban aktivis yang tak kunjung ditemukan hingga kini.

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid menyoroti dua hal. Pertama, kebijakan pengangkatan tersebut dianggap tidak sejalan dengan semangat pengungkapan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Indonesia.

Kedua, terkait status perwira aktif yang menjadi eselon 1 di instansi sipil.

Usman sangat menyayangkan keputusan presiden tersebut. Menurutnya Presiden Jokowi mempertimbangkan kaidah hak asasi manusia.

"Jadi kalau ada seseorang yang dipromosikan atau diangkat sebagai pejabat eselon satu setidaknya rekam jejaknya dalam bidang hukum korupsi ataupun kerusakan lingkungan, kekerasan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, pelanggaran hak asasi manusia, itu diperiksa," tuturnya kepada Kompas TV, Sabtu (26/9/2020).

Editor : Hariyanto Kurniawan

1
2
3
4
5



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:24
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK