Kompas TV nasional sapa indonesia

Ancaman Tsunami 20 Meter Pesisir Selatan Jawa

Kompas.tv - 26 September 2020, 09:46 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim riset Institut Teknologi Bandung - ITB menyampaikan peringatan terjadinya potensi tsunami setinggi 20 meter di pesisir Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur.  

Hasil penelitisan itu berdasarkan hasil pengolahan data gempa yang tercatat stasiun pengamat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan data Global Positioning System (GPS).

Hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung ( ITB) yang telah diterbitkan dalam Jurnal Nature Scientific report pekan lalu mengungkapkan, adanya potensi tsunami 20 meter di Selatan Pulau Jawa.

Tsunami diperkirakan terjadi di sepanjang Pantai Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur.

Peneliti ITB Sri Widiyantoro menjelaskan tinggi tsunami dapat mencapai 20 meter di Pantai Selatan Jawa barat dan 12 meter di Selatan Jawa Timur,  dengan tinggi maksimum rata-rata 4,5 meter di sepanjang pantai Selatan Jawa, jika terjadi secara bersamaan.

Menurut Sri, riset tersebut berdasarkan hasil pengolahan data gempa yang tercatat oleh stasiun pengamat Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika dan data global positioning system.

Sri Widyantoro seperti dilansir dari detik.com menyatakan, "seismic gap ini berpotensi sebagai sumber gempa besar pada masa mendatang. Untuk menilai bahaya inundasi, pemodelan tsunami dilakukan berdasarkan beberapa skenario gempa besar di sepanjang segmen megathrust di selatan Pulau Jawa. Skenario terburuk, yaitu jika segmen-segmen megathrust di tidak adanya gempa bumi besar dalam beberapa ratus terakhir tahun ini mengindikasikan bahwa gempa tsunamigenik yang dahsyat di sepanjang pantai selatan pulau jawa merupakan ancaman yang harus diwaspadai,".

Riset ini sekaligus menjawab seismic gap di sepanjang jawa dengan total populasi lebih dari 150 juta orang yang sebelumnya masih kurang dipelajari secara intensif.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x