Kompas TV internasional kompas dunia

Menyelami Spot Cantik Nan Berbahaya, The Great Blue Hole

Kompas.tv - 25 September 2020, 23:06 WIB
menyelami-spot-cantik-nan-berbahaya-the-great-blue-hole
Salah satu daftar wajib bagi pecinta olahraga selam, The Great Blue Hole yang menawarkan sensasi tak biasa pada setiap penyelam karena keunikannya (Sumber: Aquatica Submarines)
Penulis : Agung Pribadi

Belize, Kompas TV - Dalami dan temukan keindahan The Great Blue Hole, di lepas Pantai Belize, Amerika Tengah.

Begitu mungkin, kata-kata yang terlintas di benak kita saat pertama kali mengenal tempat indah ini.

Bila anda melihat dari ketinggian, tempat ini nampak seperti bola mata yang sangat indah. The Great Blue Hole berdiameter sekitar 400 meter, dengan kedalaman sekitar 145 meter.

Jutaan tahun lalu, tempat ini merupakan sebuah gua purba yang kering. Ini terbukti dari keberadaan stalaktit dan stalagmit raksasa, yang cuma terjadi pada gua kering.

Saat zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga menenggelamkan gua, dan membentuk The Great Blue Hole yang indah ini.

Sekarang tempat ini menjadi salah satu titik penyelaman paling diminati di seluruh dunia. Semakin dalam kita menyelam, semakin menantang pemandangan yang ditawarkan.

The Great Blue Hole, juga terkenal sebagai salah satu gua vertikal bawah laut terindah di dunia. Tak heran, jika tahun 1997 silam, UNESCO melabeli The Great Blue Hole sebagai situs warisan dunia.

Namun tetap waspada ya, karena tempat ini tak hanya populer di kalangan wisatawan dan penyelam. Tapi juga terkenal di kalangan hiu.

Beberapa spesies hiu, tercatat sering terlihat mondar-mandir disini. Wajar sih, sepertinya tak hanya manusia saja yang tahu apa itu yang disebut indah?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.