Kompas TV internasional kompas dunia

Menyelami Spot Cantik Nan Berbahaya, The Great Blue Hole

Jumat, 25 September 2020 | 23:06 WIB
menyelami-spot-cantik-nan-berbahaya-the-great-blue-hole
Salah satu daftar wajib bagi pecinta olahraga selam, The Great Blue Hole yang menawarkan sensasi tak biasa pada setiap penyelam karena keunikannya (Sumber: Aquatica Submarines)

Belize, Kompas TV - Dalami dan temukan keindahan The Great Blue Hole, di lepas Pantai Belize, Amerika Tengah.

Begitu mungkin, kata-kata yang terlintas di benak kita saat pertama kali mengenal tempat indah ini.

Bila anda melihat dari ketinggian, tempat ini nampak seperti bola mata yang sangat indah. The Great Blue Hole berdiameter sekitar 400 meter, dengan kedalaman sekitar 145 meter.

Jutaan tahun lalu, tempat ini merupakan sebuah gua purba yang kering. Ini terbukti dari keberadaan stalaktit dan stalagmit raksasa, yang cuma terjadi pada gua kering.

Saat zaman es berakhir, permukaan laut naik hingga menenggelamkan gua, dan membentuk The Great Blue Hole yang indah ini.

Sekarang tempat ini menjadi salah satu titik penyelaman paling diminati di seluruh dunia. Semakin dalam kita menyelam, semakin menantang pemandangan yang ditawarkan.

The Great Blue Hole, juga terkenal sebagai salah satu gua vertikal bawah laut terindah di dunia. Tak heran, jika tahun 1997 silam, UNESCO melabeli The Great Blue Hole sebagai situs warisan dunia.

Editor : Agung Pribadi

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:27
HARI INI, TERDAKWA DJOKO TJANDRA KEMBALI JALANI SIDANG KASUS SURAT JALAN PALSU DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA TIMUR   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA TNI-POLRI PERKUAT PATROLI PROTOKOL KESEHATAN DI OBYEK WISATA SELAMA LIBUR PANJANG    KEMENKOP UKM MASIH KUMPULKAN TAMBAHAN DATA PEMERIMA BANTUAN SOSIAL BAGI YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   POLISI IMBAU MAHASISWA YANG BERUNJUK RASA WASPADAI PENYUSUP SAAT MENYAMPAIKAN ASPIRASI   IRAN MENCATAT ADA 337 KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DALAM 24 JAM TERAKHIR    CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEMENHUB MINTA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MAJELIS ULAMA INDONESIA AKAN BAHAS BAHAYA KOMUNISME DALAM MUSYAWARAH NASIONAL 25-28 NOVEMBER 2020    MENKO POLHUKAM: BUKAN TIDAK MUNGKIN DI ANTARA PENGUNJUK RASA ADA PENYUSUP YANG INGIN MENCARI MARTIR   POLDA METRO JAYA TANGKAP 2 PENGELOLA GRUP FACEBOOK STM SE-JABODETABEK UNTUK KASUS KERICUHAN TOLAK UU CIPTA KERJA   POLRES JAKARTA PUSAT SIAGAKAN 6.000 PERSONEL KAWAL UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA DI ISTANA NEGARA   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 4,6 YANG TERJADI DI PANGANDARAN, JAWA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   BMKG MEMPERKIRAKAN SEBAGIAN WILAYAH JAKARTA BERPOTENSI HUJAN DISERTAI PETIR PADA SORE DAN MALAM HARI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA SIAPKAN 9 RUTE REKAYASA LALU LINTAS BAGI PENGENDARA DI SEKITAR ISTANA KEPRESIDENAN   ADA UNJUK RASA, DITLANTAS POLDA METRO JAYA IMBAU PENGGUNA JALAN HINDARI KAWASAN MONAS DAN ISTANA MULAI PUKUL 10.00 WIB