Kompas TV nasional sosial

Nadiem Makarim Beri Paket Data Internet Selama 4 Bulan, Berikut Mekanisme Penyalurannya

Kompas.tv - 25 September 2020, 17:44 WIB
nadiem-makarim-beri-paket-data-internet-selama-4-bulan-berikut-mekanisme-penyalurannya
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (Sumber: Kemendikbud)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan resmi akan memberikan paket data kuota internet gratis selama 4 bulan.

Paket data tersebut diberikan dari mulai jenjang pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA/SMK, sampai Mahasiswa.

Tak hanya peserta didik saja yang akan mendapatkan paket data internet gratis teesebut. Tetapi, guru dan dosen juga akan mendapatkannya.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Bantah Hapus Pelajaran Sejarah di Sekolah: Tidak Mungkin...

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan pemberian bantuan kuota internet ini diharap dapat membantu akses informasi bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi.

Menurut dia, terlaksananya kebijakan ini adalah hasil koordinasi antara Kemendikbud dengan pemangku kepentingan lainnya.

Itu antara lain Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Nadiem mengatakan keterbatasan ketersediaan paket data internet bagi pendidik dan peserta didik selama ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi selama PJJ.

Baca Juga: Nadiem Makarim Sebut Cara Bekerja Kemendikbud Tidak akan Sama Lagi, Apa Maksudnya?

Karena itu, Kemendikbud memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama empat bulan dengan menganggarkan dana senilai Rp 7,2 triliun.

"Saya bersyukur bantuan kuota data internet dapat terealisasi. Seluruh penerima manfaat yakni siswa, guru, mahasiswa, dan dosen akan mendapatkan kuota internet sesuai yang diperlukan selama empat bulan ke depan," kata Mendikbud pada Jumat (25/9/2020).

Nadiem menjelaskan, bantuan kuota data internet yang diberikan pemerintah terdiri dari dua jenis, yakni kuota umum dan kuota belajar.

Kuota umum dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, sedangkan kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran dengan daftar yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Baca Juga: Fahri Hamzah Kritik Nadiem Makarim karena Beri Pulsa ke Siswa: Cerdas Dikit Napa Bikin Kebijakan

Alokasi kuota yang diberikan masing-masing untuk peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 20 GB/bulan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x