Kompas TV regional berita daerah

Sering Padam, Aliran Listrik Diambil Dari Panel Surya

Kompas.tv - 25 September 2020, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB. SEMARANG, KOMPAS.TV - Warga di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah merasa resah karena listrik di wilayahnya sering padam. Wargapun memanfatkan panel surya untuk energi pengganti, menghidupkan perangkat internet. Perangkat ini dibutuhkan untuk kepentingan administrasi desa dan siswa yang membutuhkan jaringan internet untuk sekolah daring.

Di Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, energi listrik menjadi sangat penting. Namun sayangnya listrik di desa ini sering terganggu dan menyebabkan listrik berulang kali padam hingga rentang waktu yang lama. Saat listrik padam, internet juga tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kepala Desa setempat membangun panel surya untuk dijadikan sumber energi listrik internet, warga  menamakannya Suryanett. Panel surya yang dibanguan di atas kantor balai desa, cukup untuk digunakan sebagai pengganti energi listrik.

Listrik dari panel surya jaringan internet Desa Kadirejo, bisa digunakan 24 jam tanpa tergantung dari energi listrik. Saat ini Suryanett milik Desa Kadirejo tidak hanya digunakan untuk warga sekitar desa saja. Tercatat sudah 1.000 warga yang menggunakan akses suryanett, bahkan penggunanya berasal dari 23 desa di wilayah Kabupaten Semarang dan lintas kecamatan.

#PanelSurya #KabupatenSemarang #Listrik


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x