Kompas TV nasional peristiwa

Besok Presiden Jokowi Resmikan Tol Lintas Sumatera Pekanbaru-Dumai dari Istana

Kompas.tv - 24 September 2020, 22:34 WIB
besok-presiden-jokowi-resmikan-tol-lintas-sumatera-pekanbaru-dumai-dari-istana
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat (21/2/2020). (Sumber: ANTARA/Anggi Romadhoni/aa)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo diagendakan hadir dalam peresmian jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020).

Jokowi akan hadir secara virtual. Rencananya acara peresmian tol sepanjang 131 kilometer itu berlangsung pada pukul 14.00 WIB.

Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan acara peresmian nanti digelar secara virtual. Pihak yang hadir di lokasi pun dibatasi hanya 50 orang.

Baca Juga: Tangkal Resesi, Jokowi: Perkuat Ekonomi Desa Sebagai Penyangga Kota

Syamsuar menambahkan keputusan peresmian Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) secara virtual dipastikan dalam rapat antara Pemrov Riau bersama bersama tim Kepresidenan, dan Kementerian PUPR melalui virtual, Kamis siang.

Sebelumnya, agenda peresmian sempat dijadwalkan pekan lalu dengan dihadiri Presiden Joko Widodo, namun dibatalkan.

“Nanti Bapak Presiden meresmikan dari Istana Negara. Menteri PUPR, Insya Allah hadir ke Riau,” ujar Gubernur Riau, Syamsuar dalam pernyataan pers, Kamis (24/9/2020). Dikutip dari Antara.

Lebih lanjut Syamsuar menjelaskan, acara peresmian proyek strategis nasional itu akan dipusatkan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai.

Baca Juga: Kota Makassar Bersiap Sambut Jalan Tol Layang Pertama

Ia berharap kegiatan peresmian virtual di Dumai dapat berjalan sukses. Sejauh ini Pemprov telah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom agar acara peresmian tersebut tidak mengalami kendala teknis.

"Jadi, kami berharap juga doa restu masyarakat Riau agar peresmian jalan tol ini berjalan aman, lancar, tertib dan mudah-mudahan bisa menjadi lokomotif ekonomi yang telah ditunggu-tunggu masyarakat," ujarnya.

Tol Permai memiliki panjang 131 kilometer yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

Infrastruktur ini dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera, dalam enam seksi yang melintasi empat kabupaten dan kota di Riau.

Baca Juga: Sempat Viral! 7 Pesepeda Yang Masuk Jalur Tol Minta Maaf: Kami Siap Terima Sanksi

Tol ini punya keunikan karena untuk pertama kalinya menggunakan terowongan satwa untuk perlintasan gajah sumatera, di sejumlah wilayah jelajah hewan endemik yang terancam punah itu. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.