Kompas TV nasional kriminal

Jaksa Agung Pastikan Dalang Kebakaran Gedung Kejagung Diusut Tuntas

Kompas.tv - 24 September 2020, 19:10 WIB
jaksa-agung-pastikan-dalang-kebakaran-gedung-kejagung-diusut-tuntas
Gedung Kejaksaan Agung yang hangus terbakar. Kejadian ini berlangsung pada hari Sabtu (22/08/2020) (Sumber: kompas.com )
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rapat kerja (raker) secara virtual dengan Komisi III DPR RI, Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengutarakan janjinya.

Ia memastikan akan selalu terbuka dan mengusut secara tuntas dalang di balik peristiwa kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung pada Sabtu, 22 Agustus 2020. 

Baca Juga: Gedung Hangus Terbakar, Jaksa Agung Pindah Kantor Sementara

"Kemarin disampaikan oleh Kabareskrim saya memang bersyukur, harus ditemukan. Saya minta harus ada. Kalau memang ada itu kesengajaan atau kelalaian, saya mengharapkan adanya tersangka untuk itu," kata ST Burhanuddin, Kamis (24/9/2020).

Burhanuddin mengatakan, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan saksi, termasuk melakukan pemeriksaan terhadap petugas kebersihan atau cleaning service di Kejaksaan Agung yang dikabarkan mencurigakan. 

"Bahkan informasi adanya rekening-rekening, rekening ini juga, mohon izin, ini sudah didalami oleh penyidik Kabareskrim, tentang adanya rekening katanya 100 juta yang tidak sesuai dengan pendapatannya," tutur Burhanuddin.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung Fadli Zumhana menjelaskan, pihaknya mengerahkan dan mendampingi saksi-saksi yang diperiksa di Mabes Polri untuk mengungkap adanya unsur pidana. 

"Sebanyak 131 saksi kami kerahkan seluruhnya siapa pun yang diminta penyelidik Mabes Polri kami izinkan dan kami dukung," kata Fadli. 

"Bahkan kami dampingi di sana supaya yang bersangkutan, sampai cleaning service kami dampingi supaya yang bersangkutan memberikan keterangan yang terang dan jujur," imbuhnya.

Fadli mengatakan, terkait petugas kebersihan yang dicurigai anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan, petugas kebersihan tersebut sudah diperiksa dengan alat pendeteksi kebohongan (lie detector). 

"(Cleaning service) ini memang bolak-balik bahkan diperiksa lie detector supaya terungkap apa sesungguhnya diketahui dan dilakukan yang bersangkutan," ujarnya. 

Baca Juga: Pinangki Sebut Nama ST Burhanuddin, Jaksa Agung Terlibat atau Tercatut?

Sebelumnya, dalam rapat kerja, anggota Komisi III Arteri Dahlan mengatakan, ada petugas kebersihan yang mencurigakan menjadi saksi dalam peristiwa kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung. 

Bahkan, dikabarkan memiliki saldo rekening ratusan juta. 

"Apa benar dicek juga rekening uangnya di atas seratus juta tuh cleaning service. Apa benar kalau dia diperiksa didampingi anak buahnya mantan JAM-lah," kata Arteria. 

Arteria meminta, Kejaksaan Agung mencermati dan mencurigai petugas kebersihan tersebut. 

Arteria juga mempertanyakan, penampilan petugas kebersihan itu saat ini sudah berkepala plontos. 

"Kalau dibotakin hati-hati, Pak. Sulit kalau mau cek DNA rambutnya sudah plontos," ujar Arteria.

Sebab, jika benar, maka akan menyulitkan untuk pemeriksaan DNA.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x