Kompas TV regional berita daerah

Terimbas Pandemi, Mahasiswa Berjuang Jual Kopi Keliling

Kamis, 24 September 2020 | 19:40 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Menyeduh dan menghidangkan kopi inilah aktivitas Reza Muamar mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Banjarmasin.

Mahasiswa semester lima perantauan dari Kabupaten Tanah Bumbu ini menggunakan waktu luangnya untuk mendapatkan penghasilan dengan menjajakan kopi keliling.

Ia melakukannya untuk membantu meringankan beban orang tuanya yang membiayainya melalui berjualan kue.

Baca Juga: Tak Miliki Gawai, Siswa Terpaksa Ikuti Ujian Daring di Sekolah

Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda, penghasilan mereka berkurang seiring menurunnya daya beli warga.

"Kopi Keliling ini merupakan inisiatif untuk meringankan beban orang tua yang terimbas Covid-19. Jika tidak mampu untuk membayar SPP perkuliahan, setidaknya bisa jajan dengan hasil usaha sendiri," ucap Reza Muammar kepada jurnalis kompas.tv.

Beragam  kopi  kemasan ia siapkan untuk melayani pembeli. Dengan mengendara sebuah sepeda motor, ia membawa sejumlah perlengkapan untuk membuat kopi, termasuk termos berisikan air panas. 

Baca Juga: Gelar Lapak Mengaji di Taman, Muda-Mudi Banjarmasin Berjuang Entaskan Buta Huruf Al-Quran

Beragam tempat ia datangi termasuk asrama para mahasiswa. Sebagai tanda bakti pada orang tua dan yakin pada halal usahanya, Reza mengesampingkan rasa gengsi ataupun malu.

Berkat jerih payahnya, Reza kini mampu mengumpulkan hasil jualan kopi panasnya dalam sehari hingga mencapai Rp 50 ribu.

Editor : KompasTV Banjarmasin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:33
ARMENIA DAN AZERBAIJAN SEPAKAT GENCATAN SENJATA DALAM KONFLIK NAGORNO-KARABAKH   SINGAPURA HENTIKAN PENGGUNAAN 2 VAKSIN INFLUENZA SKYCELLFLU QUADRIVALENT DAN VAXIGRIPTETRA   ISRAEL MULAI UJI COBA KANDIDAT VAKSIN KORONA POTENSIAL TERHADAP MANUSIA PADA 1 NOVEMBER 2020   TIONGKOK GELAR TES KORONA SECARA MASSAL TERHADAP 4,75 JUTA WARGA XINJIANG SETELAH ADA 137 KASUS KORONA BARU   KEMENAG TENGAH MENYUSUN ATURAN BEBAS KORONA BAGI CALON JEMAAH UMRAH ASAL INDONESIA   POLRI SELIDIKI OKNUM BRIMOB YANG JADI PEMASOK SENJATA KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA (KKB) PAPUA   JENAZAH STAF KPU WONOGIRI YANG DITEMUKAN DI KAMAR HOTEL SOLO DIBAWA KE RSUD DR MOEWARDI SOLO UNTUK DIOTOPSI   SEORANG STAF KPU WONOGIRI DITEMUKAN MENINGGAL DI DALAM KAMAR HOTEL DI SOLO, JAWA TENGAH   KPU KOTA SEMARANG SEDIAKAN 3.447 ALAT BANTU HURUF BRAILE UNTUK PEMILIH PENYANDANG TUNANETRA   SEORANG ISTRI POLISI DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM, JADI TERSANGKA KASUS INVESTASI BODONG & ARISAN DARING RP 200 JUTA   DINKES CILACAP, JAWA TENGAH: 489 DARI 502 SANTRI DI CILACAP SEMBUH DARI KORONA    DEBAT PILKADA BALIKPAPAN, KALTIM, DIBATALKAN KARENA KETUA KPU BALIKPAPAN NOOR TOHA POSITIF TERINFEKSI KORONA   PT KAI: 83.000 TIKET KERETA API TERJUAL UNTUK LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   PRESIDEN JOKOWI RILIS ATURAN BARU PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DEMI TEKAN PUNGLI