Kompas TV internasional kompas dunia

Paus Terdampar di Australia, yang Tak Dapat Diselamatkan Akan Disuntik Mati

Kamis, 24 September 2020 | 17:56 WIB
paus-terdampar-di-australia-yang-tak-dapat-diselamatkan-akan-disuntik-mati

Tim penyelamat tengah berusaha menggiring paus kembali ke laut.
(Sumber: Associated Press)

CANBERRA, KOMPAS.TV - Paus pilot yang terdampar secara massal di Tasmania, Australia, akan disuntik mati karena tidak dapat diselamatkan. Sekitar 380 paus mati dalam beberapa hari terakhir, ini merupakan rekor paus terdampar yang terburuk di Australia.

Tim penyelamat telah berusaha membuat 70 paus untuk bisa berenang kembali. Menurut mereka, masih ada harapan hidup untuk 20 ekor paus. Namun empat ekor paus yang kelelahan, akan disuntik mati. Menurut tim penyelamat, euthanasia adalah hal paling manusiawi yang bisa dilakukan.

"Kami telah memberi kesempatan, kami mencoba melepaskan mereka. Tetapi mereka belum bisa melakukannya dengan baik," kata Kris Carlyon dari Marine Conservation Project, seperti dilansir dari BBC.

Baca Juga: Akibat Cuaca Buruk, Ikan Paus Terdampar di Pantai Songka Sulsel

Keempat hewan telah diperiksa oleh dokter hewan, sebelum keputusan suntik mati diambil. Menurutnya, keputusan ini murni berdasarkan pada kesejahteraan hewan.

Kini yang menjadi fokos tim penyelamat adalah, apa yang harus dilakukan dengan bangkai ratusan paus yang mati? Bangkai paus bisa dibiarkan di pantai, dikubur, dibawa ke tempat pembuangan sampah, atau dibawa ke laut.

Editor : Tussie Ayu

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:58
KPK AJAK MASYARAKAT PILIH CALON KEPALA DAERAH YANG JUJUR DAN BERINTEGRITAS DALAM PILKADA 2020   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN DORONG PEMULIHAN EKONOMI SEKTOR TRANSPORTASI   MENKO POLHUKAM: PERLU SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK WUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH   MENKUMHAM YASONNA LAOLY TEGASKAN PENTINGNYA REVOLUSI DIGITAL PELAYANAN PUBLIK   BPOM SEBUT TAK KESAMPINGKAN ASPEK KEAMANAN, KHASIAT, DAN MUTU DALAM PEMBERIAN PERSETUJUAN VAKSIN COVID-19   SATGAS COVID-19 INDRAMAYU TERBITKAN ATURAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PILKADA 2020   KKP SEBUT TELAH MELATIH 47.000 ORANG DALAM SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   BAWASLU RIAU AWASI KETAT PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT KAMPANYE   PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: APLIKASI SIPETAK UNTUK MENINGKATKAN AKURASI DATA PENGELOLAAN TAMBAK   MENKOMINFO: HAK ATAS KEBEBASAN BEREKSPRESI DAN BERPENDAPAT DI INDONESIA MEMILIKI BATAS YANG HARUS DIPATUHI   SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI