Kompas TV nasional politik

Eks Wakil Ketua Komisi I: Pergantian Gatot Nurmantyo Tidak Ada Hubungan dengan Nonton Film G30S/PKI

Kompas.tv - 24 September 2020, 17:05 WIB
eks-wakil-ketua-komisi-i-pergantian-gatot-nurmantyo-tidak-ada-hubungan-dengan-nonton-film-g30s-pki
Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo berpose sebelum menjadi narasumber di acara Satu Meja The Forum di studio satu Kompas TV, Menara Kompas, Jakarta, Senin (23/4/2018). (Sumber: KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Anggota Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin memastikan pergantian Gatot Nurmantyo sebagai panglima TNI tidak ada hubungan dengan instruksi untuk nonton film G30S/PKI.

TB Hasanuddin yang saat itu menjabat Wakil Ketua Komisi I DPR menjelaskan saat itu pergantian Gatot murni karena segera memasuki masa pensiun.

Selain itu pada Pasal 13 UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 menjelaskan bahwa Panglima TNI diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah persetujuan DPR.

Baca Juga: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Ngaku Dicopot Jokowi karena Perintahkan Tonton Film G30S/PKI

Menurutnya, jika ada isu pergantian Gatot karena perintah nonton film G30S/PKI pastinya akan dibahas di DPR. Termasuk soal ancaman dari kader PDIP yang meminta Gatot untuk tidak mengelar nonton bareng film G30S/PKI.

“Jadi tidak ada hubungannya sama sekali. Yang bersangkutan memang sudah mendekati selesai masa jabatannya dan akan segera memasuki masa pensiun," ujar Hasanuddin dalam pesan singkat, Kamis (24/9/2020).

Politisi PDI Perjuangan ini juga menganggap wajar jika pergantian Panglima TNI jauh sebelum masa pensiun Gatot Nurmantyo.

Menurutnya banyak perwira tinggi sebelum pensiun sudah mengakhiri jabatannya.

Baca Juga: Istana Jawab Gatot Nurmantyo Soal Kaitan Pergantian Panglima TNI dan Film G30S/PKI

Gatot Pensiun pada bulan Maret 2018, sementara pergantian Panglima TNI dilakukan pada Desember 2019. Gatot memiliki waktu tiga bulan jelang masa pensiun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.