Kompas TV nasional update corona

Jokowi: Pandemi Harus Jadi Momentum Install Ulang dan Perbaiki Ekonomi Desa

Kompas.tv - 24 September 2020, 12:42 WIB
jokowi-pandemi-harus-jadi-momentum-install-ulang-dan-perbaiki-ekonomi-desa
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Facebook Jokowi)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan bahwa seluruh masyarakat di tanah air telah terhantam pandemi Covid-19, bukan hanya di perkotaan tapi di perdesaan.

Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat terbatas (ratas) 'Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa' yang digelar secara daring, Kamis (24/9/2020).

"Kita tahu pandemi bukan hanya menghantam seluruh masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan," kata Jokowi dalam ratas.

Baca Juga: Kirim Bunga untuk Kim Jong Un, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat serta Doakan Korea Utara

Menurut Jokowi, jika terjadi krisis di wilayah perkotaan maka desa harus menjadi penyangganya.

"Dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, menjadi penyangga karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa. Jadi bukan urbanisasi tetapi ruralisasi," kata Jokowi. 

Maka dari itu, Jokowi menegaskan bahwa pandemi virus corona Covid-19 harus menjadi momentum untuk memperbaiki ekonomi di desa.

Ia meminta seluruh pejabat negara untuk memastikan program perlindungan sosial dan program yang berkaitan dengan ekonomi desa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Angka Kasus Aktif Corona di Indonesia Hampir 70 Ribu

"Pandemi yang tengah kita hadapi harus menjadi sebuah momentum untuk menginstal ulang, memperbaiki lagi, dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," kata Jokowi.

#Corona #Covid19 #Jokowi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x