Kompas TV regional berita daerah

Petugas BKSDA Menyita Satwa Dilidungi Jenis Hewan Anoa

Kompas.tv - 24 September 2020, 10:33 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Seekor Anoa daratan tinggi atau Bubalus Quarlesi milik warga desa Wonggarasi, kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato Gorontalo disita petugas gabungan dari BKSDA  wilayah 2 Gorontalo, Gakum KLHK, TNI, Polri, pada Selasa ( 22 September 2020 ) kemarin.

Penyitaan Anoa ini dilakukan karena Anoa termasuk hewan yang di lindungi. Selain itu, kondisi Anoa juga sudah memprihatinkan karena hanya terikat di bawah pohon.

Menurut pemilik hewan Dominggus Samba, sebelum di pelihara, Anoa tersebut di beli dari masyarakat, pasalnya hewan yang di dapat dari hutan ini rencananya akan di sembelih oleh warga sekitar.

Namun karena termasuk hewan yang dilindunggi Dominggus pun membelinya dari masyarakat.

Sementara itu, kepala seksi BKSDA wilayah II Gorontalo Samsuddin Hadju mengungkapakan, rencananya Anoa jenis daratan tinggi akan di serahkan ke Balai Konservasi di Wilayah Sulawesi Utara, pasalnya Gorontalo tak memiliki balai konservasi pusat penyelamatan satwa.

Syamsudin menambahakan penyitaan hewan Anoa ini bukan pertama kali ini dilakukan di Kabupaten Pohuwato, sebelumnya juga petugas dari BKSDA Gorontalo telah menyita Anoa yang telah di pelihara warga sebelum di lepas liarkan.

 

#Bksda #Hewan Dilindungi #Anoa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x