Kompas TV regional berita daerah

Hutan di Gunung Bentar Terbakar, Api Berasal dari Pembakaran Sampah

Kompas.tv - 24 September 2020, 10:29 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – Lahan di hutan lereng Gunung Bentar Kabupaten Probolinggo Jawa Timur terbakar. Sumber api diduga berasal dari pembakaran sampah, yang merambat ke lahan produktif.

Kebakaran hutan jati di lereng gunung bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo terjadi pada Selasa (22/09).

Api menghanguskan tanaman gunung, yang berada di petak 21 dan 22. Tiupan angin membuat api dengan cepat merambat ke lahan produktif dan menghanguskan pohon jati, kosambi dan mahoni.

Warga bersama anggota TNI dan Polri bahu membahu memadamkan api, namun tidak maksimal, karena peralatan yang digunakan seadanya dan terbatas.

Anggota TNI Koramil Gending, Serda Gimun mengatakan sumber api berasal dari sisi selatan bukit, kemudian merambat ke sisi timur hutan konservasi. Diperkirakan ada 6 hektar lahan yang hangus terbakar.

Kebakaran diduga akibat ulah manusia, yang sengaja membakar sampah tanpa pengawasan. Api pembakaran sampah itu pun kemudian merambat ke tanaman gunung. Kebakaran tersebut membuat ekosistem di kawasan bukit bentar rusak.

Bukit bentar memiliki luas 83 hektar dengan tanaman utama pohon mahoni, kesambi, jati dan sengon. Hampir setiap musim kemarau, hutan ini  selalu menjadi langganan kebakaran.

#KebakaranHutan #GunungBentar #HutanProduktif

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x