Kompas TV internasional kompas dunia

Ketegangan AS-China Mengemuka dalam Sidang Majelis Umum PBB

Kamis, 24 September 2020 | 04:46 WIB
ketegangan-as-china-mengemuka-dalam-sidang-majelis-umum-pbb
Foto dokumentasi Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. (Sumber: AP)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China mengemuka dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Presiden AS Donald Trump menyalahkan China atas penyebaran virus corona.

Dia menyerukan agar China dimintai pertanggungjawaban atas pandemi Covid 19 yang menyebar ke seluruh dunia.

Sedangkan dalam pidatonya, Presiden China Xi Jinping mengatakan, negaranya tidak berniat untuk memasuki perang dingin dengan negara manapun.

Namun demikian, Sidang Majelis Umum PBB di New York tahun ini, sebagian besar diadakan secara virtual. Para pemimpin dunia memberikan pidato yang telah direkam sebelumnya.

Format baru ini tidak memungkinkan terjadinya teater geopolitik yang kerap terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Setiap negara hanya diwakili oleh satu delegasi dan hanya ada sedikit kesempatan bagi satu negara untuk membantah yang lain.

Baca Juga: 5 Tahun Terakhir Serahkan ke Wapres, Ini Alasan Jokowi Berpidato di Sidang Umum PBB

Namun seperti pidato-pidato sebelumnya, Presiden Trump menggunakan pidatonya untuk memuji pencapaiannya dan menyerang lawan.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:23
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER