Kompas TV nasional berita kompas tv

Ibadah Umrah Kembali Dibuka, tapi Tak Semua Negara Diizinkan Masuk

Kompas.tv - 23 September 2020, 19:17 WIB
ibadah-umrah-kembali-dibuka-tapi-tak-semua-negara-diizinkan-masuk
Situasi di sekitar Kabah, di dalam Masjidil Haram, Arab Saudi, kosong dari para jemaah saat diberlakukan sterilisasi, Kamis (5/3/2020). Terkait merebaknya virus corona, Pemerintah Arab Saudi menutup sementara kegiatan umrah dan melakukan sterilisasi di sekitar Kabah termasuk lokasi untuk melakukan sai di antara Bukit Safa dan Marwah. (Sumber: KOMPAS.com/AFP/ABDEL GHANI BASHIR)
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Kementerin Agama menyebut, tak semua negara akan diizinkan untuk masuk ke Saudi Arabia dalam melaksanakan ibadah umrah.

Hal dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Penyelanggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Nizar.

"Jadi tidak semua (jemaah dari) negara (lain) nanti boleh (melaksanakan umrah). Tetapi sesuai rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi," ujar Nizar dalam rapat kerja bersama bersama Komisi VIII di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/9/2020). 

Baca Juga: Arab Saudi Kembali Buka Umrah Mulai 4 Oktober 2020

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan untuk memperbolehkan kembali warga luar Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah.

Terhitung mulai tanggal 4 Oktober 2020, izin umrah ini diberikan kepada penduduk Saudi dan ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

Sementara itu, bagi warga negara luar Arab Saudi akan diperbolehkan umrah pada tanggal 1 November mendatang.

Meski demikian, Pemerintah Arab Saudi tetap memberikan catatan.

“Ada dua catatannya. Pertama, sambil menunggu pandemi Covid-19. Kedua, Kemenkes (Arab Saudi) akan merilis (negara mana saja yang jemaahnya boleh melaksanakan umrah di Saudi)," tandasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x