Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Hektar Padi Kekeringan, Petani Gagal Panen

Kompas.tv - 23 September 2020, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Puluhan hektar lahan tanaman padi diwilayah subak timuhun kecamatan banjarangkan kabupaten klungkung kekeringan. Tanaman padi yang baru berumur satu bulan ini tidak mendapat pasokan air dan dipastikan petani mengalami gagal panen total.

Inilah hamparan padi diwilayah subak trebungkuh desa timuhun kabupaten klungkung bali. Kondisi tanaman padi milik petani setempat   saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Puluhan hektar tanaman padi yang baru berumur satu bulan mengering dan dipastikan gagal panen lantaran tidak mendapat pasokan air yang cukup, bahkan saat ini sudah ditinggalkan pemiliknya.

Sejumlah petani termasuk pemilik lahan mengaku , saat menanam padi sebelumnya sempat ada air/ namun saat berumur dua minggu , debit air mulai mengecil hingga sebagian besar lahan tidak mendapat aliran air.

Salah satu pemilik lahan , dewa suweca mengaku pasrah dengan kondisi lahan padinya yang tidak mendapat pasokan air

Petani lainnya Wayan Pande mengaku , kondisi kekeringan parah sudah terjadi cukup lama diwilayah ini. Petani sudah kesulitan untuk menanam padi dan mengandalkan tanaman palawija saja

Selain padi, tanaman palawija lainnya dikawasan pertanian ini juga terancam mati. Karena selain tidak adanya air dari hulu ke lahan pertanian warga , hujan yang diharapkan juga tidak kunjung turun untuk sekedar membasahi tanah , utamanya untuk menyelamatkan tanaman palawija seperti kacang-kacangan , jagung hingga tanaman bunga.

#petani #petanigagalpanen #lahan #sawah #kemarau #kekeringan #pasokanair #wargakekeringan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x