Kompas TV regional berita daerah

Dituduh Penyebar Covid Puluhan Buruh Di PHK

Kompas.tv - 23 September 2020, 11:52 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi para buruh kelapa sawit PT Citra Agro Kencana, Kabupaten Kutai Barat yang mengungsi di aula dinas ketenagakerjaan Kalimantan Timur. 

Sudah 3 minggu lamanya mereka berada di lokasi ini, anak dan istrinya mau tak mau harus ikut lantaran sudah tak memiliki tempat tinggal, setelah mereka di usir dari mess perusahaan tempat mereka tinggal.

Pihak perusahaan beralasan, pemecatan tersebut lantaran mereka membawa virus corona setelah mengikuti aksi di Kota Samarinda.

Setidaknya ada 57 jiwa dari 37 kepala keluarga yang di dominasi oleh anak-anak dan perempuan yang terlantar di aula disnaker Provinsi Kaltim. Mereka menuntut hak mereka kepada perusahaan kelapa sawit PT Citra Agro Kencana agar dapat kembali berkerja.

Pihak pengurus serikat buruh nasional Kutai Barat, mengecam perlakuan perusahaan yang melakukan phk dengan alasan yang tidak masuk akal. Pihaknya juga akan melakukan upaya hukum apabila mereka tidak kembali bekerja di perusahaan tersebut.

Ditemui di tempat kerjanya, kabid hubungan industrial dinas ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Timur akan segera berkordinasi dengan perusahaan dan menyelesaikan tuntutan yang di inginkan para buruh ini.

Perlu diketahui sebelumnya, para buruh tersebut sudah melakukan rapit tes massal di Kota Samarinda dengan hasil non reaktif.

#BuruhDiPHK#DituduhCovid#BuruhTerlantar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x