Kompas TV bisnis kompas bisnis

Riset Mendukung Pengembangan Ekonomi Syariah Untuk Indonesia

Kompas.tv - 23 September 2020, 11:21 WIB
Penulis : Merlion Gusti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengembangan ekonomi syariah menghitung disrupsi teknologi pada banyak aktivitas ekonomi dan keuangan.

Ekonomi syariah, terutama tentang peranan riset dalam pengembangannya. Apa yang dilakukan oleh regulator? Yaitu Bank Indonesia, bagaimana peran sektor akademis dalam ekonomi syariah?

Kompas Bisnis sudah tersambung via zoom, dengan M. Anwar Bashori Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia. 

Kami juga tersambung dengan Prof Komarudin Hidayat Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia atau UIII.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus disertai dengan pengembangan teknologi digital. 

Hal tersebut dikarenakan aktivitas ekonomi saat ini mengalami perubahan, salah satunya karena dampak pandemi Covid-19. 

Perubahan yang dimaksud, misalnya, adalah kebiasaan berbelanja kebutuhan pokok masyarakat, terutama di perkotaan yang memanfaatkan teknologi daring melalui internet.

"Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah juga harus disertai dengan pengembangan teknologi digital untuk mendukung seluruh aktivitas ekonomi dan keuangan syariah," ujar Ma'ruf ketika membuka Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 ke-7 bertema Mutual Empowerment in Accelerating Sharia Economic Global Prosperity, secara daring, Jumat (7/8/2020).
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x