Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi: Harus Berbenah, PBB Bukan Sekedar Gedung di New York

Rabu, 23 September 2020 | 09:54 WIB
presiden-jokowi-harus-berbenah-pbb-bukan-sekedar-gedung-di-new-york

 

Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato dalam Sidang Umum PBB yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (23/9/2020) (Sumber: Tangkap layar video pidato Presiden Joko Widodo/Sekretariat Kabinet)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam pidato Sidang Tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dilakukan secara virtual, salah satu poin penting yang disebut Presiden Joko Widodo adalah tentang peran penting PBB dalam perdamaian dunia.

Karena itulah, PBB harus selalu berbenah diri dan melakukan reformasi, revitalisasi dan efisiensi. Menurut Presiden, PBB harus dapat membuktikan bawa multilateralisme dapat menyelesaikan masalah, termasuk pada saat terjadinya krisis.

Menurutnya, PBB harus lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan berbagai tantangan global. Dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus memperkuat PBB agar PBB tetap relevan dan semakin kontributif sejalan dengan tantangan zaman.

“PBB bukanlah sekedar sebuah gedung di kota New York, tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus,” ujar Presiden Jokowi dalam pidato di Sidang Umum PBB yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (23/9/2020).

Namun demikian, Presiden menekankan bahwa Indonesia memiliki keyakinan yang tidak tergoyahkan terhadap PBB dan multilateralisme. “Multilateralisme adalah satu-satunya jalan yang dapat memberikan kesetaraan,” tambahnya.

Baca Juga: Di PBB, Jokowi: Indonesia Dukung Kemerdekaan Palestina

Dalam pidato ini, Presiden juga mengingatkan kembali tentang tujuan dibentuknya PBB pada 75 tahun yang lalu.  Pada 75 tahun lalu, PBB dibentuk agar Perang Dunia II yang menyebabkan banyak kerugian baik materil maupun immateril, tidak terulang kembali. Juga agar dunia bisa hidup lebih damai, stabil dan sejahtera.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:44
PM BORIS JOHNSON: VARIAN BARU COVID-19 DARI INGGRIS BERPOTENSI LEBIH MEMATIKAN   PEMKAB SLEMAN PULANGKAN PENGUNGSI AKIBAT AKTIVITAS GUNUNG MERAPI PADA 26 JANUARI 2021   POLDA ACEH SEBUT 5 TERDUGA TERORIS MASIH JALANI PEMERIKSAAN SEBELUM DIBAWA KE MABES POLRI   DENSUS 88 SITA BUKU KAJIAN ISIS DAN DOKUMEN BERISI ANCAMAN TARGET TEROR DARI PENANGKAPAN 5 TERDUGA TERORIS DI ACEH   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT ASN YANG TERBUKTI MENJADI TERORIS AKAN DIPECAT   POLDA METRO JAYA TARGETKAN 100 KAMERA TILANG ELEKTRONIK TERPASANG PADA 2021   KPAI MENILAI KEGIATAN BELAJAR JARAK JAUH MENCIPTAKAN KESENJANGAN ANTARMURID UNTUK DAPAT MENGAKSES PENDIDIKAN   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT PANDJAITAN JADI KANDIDAT TUNGGAL KETUM PB PASI 2021-2025   BMKG MINTA MASYARAKAT WASPADAI POTENSI CUACA EKSTREM HINGGA FEBRUARI 2021   DRAF UU PEMILU MENGATUR LARANGAN BAGI MANTAN ANGGOTA HTI MENJADI CALON PESERTA DI PILKADA, PILEG, DAN PILPRES    DRAF UU PEMILU MENGATUR PILKADA 2022 BISA DITUNDA JIKA TERJADI BENCANA ALAM DAN NONALAM   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT WHO KEMBALI MENEGASKAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MASKER CEGAH PENULARAN COVID-19   WAKETUM PAN YANDRI SUSANTO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DAN JALANI ISOLASI MANDIRI   KETUA RISET UJI KLINIS VAKSIN MENGATAKAN 7 DARI 1.820 PESERTA UJI KLINIS POSITIF COVID-19