Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Pekerja Pajitex Datangi Satwasker

Kompas.tv - 23 September 2020, 11:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Guna mengadukan nasibnya yang akan di phk oleh perusahaan tanpa mengindahkan aturan tenaga kerja yang berlaku, ratusan pekerja PT Pajitex mendatangi kantor satuan pengawasan tenaga kerja  atau satwasker Dinas Tenaga Kerja dan transmigrasi Jawa Tengah di Pekalongan.  Begitu sampai di lokasi ratusan orang yang juga didukung oleh anggota DPC SPN Kabupaten Pekalongan langsung membentangkan poster, perwakilan pekerja dan serikat buruh ini kemudian diterima oleh kepala satwasker  dan beberapa orang staf lainya.

 

Total akan ada 257 karyawan yang akan di phk tanpa menggunakan aturan tenaga kerja. Mereka hanya akan diberi 0,75% dari satu kali peraturan menteri tenaga kerja. Itu artinya para karyawan yang rata-rata sudah dua puluh tahun bekerja, hanya akan mendapat pesangon dibawah satu juta rupiah.

 

Pihak Satwasker sendiri akan segera melakukan kroscek terkait pengaduan para pekerja , terutama dalam masalah keanggotaan BPJS tenaga kerja untuk mengetahui kebenaranya. Jika memang ada pelanggaran, akan segera ditindak sesuai aturan yang berlaku.

 

Setelah diterima oleh Kasatwasker dan sejumlah staf lainya , massa membubarkan diri dengan tertib. Tapi jika dalam waktu satu minggu kedepan tidak ada kejelasan, maka mereka akan kembali menggelar aksi dengan jumlah peserta yang lebih banyak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x