Kompas TV klik360 cerita indonesia

Polemik Pilkada Tetap Digelar saat Kasus Corona Masih Tinggi

Rabu, 23 September 2020 | 02:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 hingga kini masih berlangsung. Ribuan korban meninggal dunia akibat Covid-19 di Indonesia.

Hingga hari Senin, 21 September 2020,  terdapat penambahan empat ribu 176 kasus corona di tanah air.  Sementara itu tercatat tiga ribu 470 pasien sembuh dan 124 orang meninggal dunia, dengan total jumlah kasus positif mencapai 248 ribu 852 kasus..

Bersamaan dengan pandemi corona, Indonesia akan menggelar hajat besar, pesta demokrasi pilkada serentak 9 Desember mendatang.

Seperti yang terjadi sebelumnya dalam tahapan pendaftaran calon kepala daerah, kerumunan sulit dihindarkan terutama dari massa pendukung yang abai dengan protokol kesehatan hingga rawan terpapar covid-19.

Pelaksanaan yang tinggal beberapa bulan lagi, dan belum adanya tanda tanda penurunan kasus, membuat sejumlah pihak mendesak untuk menunda pilkada.

Salah satunya dari PBNU yang menyatakan, "Meminta kepada KPU,  pemerintah dan DPR untuk menunda pelaksanaan tahapan pilkada serentak tahun 2020 hingga darurat kesehatan terlewati.. Pelaksanaan pilkada sungguh pun dengan protokol kesehatan yang diperketat, sulit terhindar dari konsentrasi orang dalam jumlah banyak dalam seluruh tahapannya,"

Namun desakan itu berbeda dengan keputusan baik DPR dan pemerintah, dalam raker antara Komisi 2, KPU,  Bawaslu, DKPP dan Kemendagri memutuskan untuk sepakat pilkada serentak tetap akan dilaksanakan 9 Desember 2020 mendatang.

Pemerintah menyatakan, risiko tinggi penyebaran Covid-19 bisa diminimalisasi dengan menerapkan protokol kesehatan.(*)

Editor : Ekmal Muhammad



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:12
MENTERI PPPA DORONG PEREMPUAN TERLIBAT DAN KAWAL PROSES PILKADA SERENTAK 2020   PEMPROV BANTEN PERPANJANG PSBB DI TANGERANG SELATAN SELAMA SATU BULAN   KEMENDESA PDTT TARGETKAN PENDIRIAN 5.300 LEMBAGA KEUANGAN DESA HINGGA 2022   MENKES: TINGKAT KESEMBUHAN PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MELAMPAUI PERSENTASE KESEMBUHAN SECARA GLOBAL   SATGAS PEN: BANTUAN SUBSIDI UPAH PEKERJA YANG BERPENGHASILAN DI BAWAH RP 5 JUTA GELOMBANG DUA CAIR NOVEMBER-DESEMBER   CEGAH BANJIR, KAMPUNG SEPATAN, JAKARTA UTARA, BUAT KOLAM RETENSI SEPANJANG 400 METER DAN KEDALAMAN 6 METER   POLISI PERIKSA PENGEMBANG MELATI RESIDENCE TERKAIT KASUS TURAP LONGSOR DI CIGANJUR   JAKSA PENUNTUT UMUM MINTA MAJELIS HAKIM PENGADILAN TIPIKOR JAKARTA TOLAK EKSEPSI JAKSA PINANGKI   KETUA SATGAS PEN SEBUT SERAPAN ANGGARAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL BELUM CAPAI 50 PERSEN   PT BIO FARMA BANTAH HARGA VAKSIN COVID-19 SINOVAC UNTUK INDONESIA LEBIH MAHAL DARI BRASIL   KETUA TGPF BENNY MAMOTO UNGKAP HINGGA KINI BELUM ADA SAKSI MATA DALAM KASUS PENEMBAKAN PENDETA YEREMIA   BAWASLU KALIMANTAN BARAT TEMUKAN 12 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DI PILKADA 2020   KETUA DPR PUAN MAHARANI: PILKADA PENTING DIGELAR DEMI PASTIKAN PENANGANAN COVID-19 DI DAERAH TERLAKSANA DENGAN BAIK   MENPAREKRAF WISHNUTAMA KUSUBANDIO: PROTOKOL KESEHATAN KUNCI BANGKITNYA PARIWISATA