Kompas TV klik360 tahu gak sih lo?

Indonesia dan Presiden Jokowi Berperan Penting di Sidang Majelis Umum PBB ke-75

Selasa, 22 September 2020 | 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan berpidato untuk pertama kalinya dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada tanggal 23 September 2020, dalam Sesi Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Karena saat ini dalam masa pandemi, maka pidato presiden akan disampaikan secara virtual. Di mana, presiden akan menyerukan pentingnya solidaritas kepemimpinan kolektif global, dalam menangani tantangan global.

Seperti misalnya mendorong kerja sama dalam penanganan aspek kesehatan, khususnya memastikan semua negara mendapatkan akses vaksin yang aman dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, mendorong kerja sama dari aspek ekonomi, khususnya mengoreksi kelemahan global supply chains yang terjadi, untuk memastikan peluang ekonomi Indonesia pascapandemi tetap terjaga.

SMU PBB telah dilaksanakan pertama kali pada tahun 1946. Dan tahun ini, isu Covid-19 menjadi pembahasan utama dalam SMU PBB. Selain itu, beberapa isu penting lainnya yang selalu didorong dalam SMU PBB adalah isu perdamaian dunia, pembangunan ekonomi, HAM, hukum internasional, dan lain sebagainya.

Keterlibatan Indonesia di dalam SMU PBB juga sebagai wujud untuk melaksanakan amanat konstitusi, di mana Indonesia harus berperan dalam perdamaian dunia.

Penulis : Laura Elvina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:32
GELANDANG TIMNAS SKOTLANDIA BILLY GILMOUR POSITIF TERINFEKSI COVID-19 JELANG MELAWAN KROASIA DI EURO 2020   WHO SEBUT VARIAN DELTA DARI COVID-19 AKAN MENJADI JENIS YANG DOMINAN SECARA GLOBAL   PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUKLIR (PLTN) MILIK IRAN DI BUSHEHR DITUTUP SEMENTARA SETELAH MENGALAMI MASALAH TEKNIS   WAKIL BUPATI KENDAL, JAWA TENGAH, WINDU SUKO BASUKI, POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PENGETATAN PPKM, SELURUH OBYEK WISATA DI PURBALINGGA, JATENG, DITUTUP TOTAL SELAMA SEPEKAN   POLRI-TNI TERJUNKAN 600 PERSONEL BANTU PENANGANAN COVID-19 DI KUDUS, JAWA TENGAH   PEMKOT MAGELANG SEWA HOTEL UNTUK MENAMBAH TEMPAT ISOLASI/KARANTINA PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA   SEBANYAK 106 ASN DI SALATIGA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PPDB SMA DI JAWA TENGAH DIBUKA HINGGA 24 JUNI 2021   SEBANYAK 18 ORANG MENGGUGAT JULIARI BATUBARA MENUNTUT GANTI RUGI PEMBERIAN BANSOS SEBESAR RP 16,2 JUTA   POLISI AKAN SEKAT SEJUMLAH JALAN LAIN YANG MENJADI TEMPAT WARGA BERKERUMUN DI JAKARTA   KABARESKRIM POLRI IRJEN AGUS ANDRIANTO: PASPOR ADELIN LIS DENGAN NAMA HENDRO LEONARDI TERBIT PADA 2017   KOMISI V DPR MINTA KEMENHUB PERKETAT REGULASI TRANSPORTASI GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   KEGIATAN DI TEMPAT IBADAH DITIADAKAN SELAMA MASA PENGUATAN PPKM MIKRO 22 JUNI SAMPAI 5 JULI 2021