Kompas TV video tahu gak sih lo?

Indonesia dan Presiden Jokowi Berperan Penting di Sidang Majelis Umum PBB ke-75

Kompas.tv - 22 September 2020, 21:06 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan berpidato untuk pertama kalinya dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato pada tanggal 23 September 2020, dalam Sesi Tingkat Tinggi Sidang Majelis Umum PBB ke-75.

Karena saat ini dalam masa pandemi, maka pidato presiden akan disampaikan secara virtual. Di mana, presiden akan menyerukan pentingnya solidaritas kepemimpinan kolektif global, dalam menangani tantangan global.

Seperti misalnya mendorong kerja sama dalam penanganan aspek kesehatan, khususnya memastikan semua negara mendapatkan akses vaksin yang aman dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, mendorong kerja sama dari aspek ekonomi, khususnya mengoreksi kelemahan global supply chains yang terjadi, untuk memastikan peluang ekonomi Indonesia pascapandemi tetap terjaga.

SMU PBB telah dilaksanakan pertama kali pada tahun 1946. Dan tahun ini, isu Covid-19 menjadi pembahasan utama dalam SMU PBB. Selain itu, beberapa isu penting lainnya yang selalu didorong dalam SMU PBB adalah isu perdamaian dunia, pembangunan ekonomi, HAM, hukum internasional, dan lain sebagainya.

Keterlibatan Indonesia di dalam SMU PBB juga sebagai wujud untuk melaksanakan amanat konstitusi, di mana Indonesia harus berperan dalam perdamaian dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x