Kompas TV nasional berita kompas tv

Sempat Menuai Kritik, DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada 2020 Tetap Digelar pada 9 Desember

Kompas.tv - 22 September 2020, 19:14 WIB
sempat-menuai-kritik-dpr-dan-pemerintah-sepakat-pilkada-2020-tetap-digelar-pada-9-desember
Pemilih sedang mengikuti simulasi pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 di Lapangan PTPN, Cilenggang, Serpong, Tangsel pada Sabtu (12/9/2020) (Sumber: tribunnews.com )

KOMPAS.TV - Pandemi covid-19 hingga kini masih berlangsung. Hingga hari Senin 21 September 2020,  terdapat penambahan 4.176 kasus corona di tanah air.

Sementara itu tercatat 3.470 pasien sembuh dan 124 orang meninggal dunia dengan total jumlah kasus postif mencapai 248.852 kasus.

Bersamaan dengan pandemi corona, Indonesia tak lama lagi akan menggelar hajat besar, pesta demokrasi pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

Seperti yang terjadi sebelumnya dalam tahapan pendaftaran calon kepala daerah, kerumunan sulit dihindarkan terutama dari massa pendukung yang abai dengan protokol kesehatan hingga rawan terpapar covid-19.

Pelaksanaan yang tinggal beberapa bulan lagi dan belum adanya tanda tanda penurunan kasus, membuat sejumlah pihak mendesak untuk menunda Pilkada.

Salah satunya dari PBNU yang Meminta kepada KPU, Pemerintah dan DPR untuk menunda pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak tahun 2020 hingga darurat kesehatan terlewati.

Pelaksanaan Pilkada dinilai sulit terhindar dari konsentrasi orang dalam jumlah banyak di seluruh tahapannya.

Sementara itu, Mantan Wapres Jusuf Kalla juga menilai protokol kesehatan itu sulit diterapkan saat proses pilkada dan dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran virus.

Meski pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi menuai pro kontra, namun desakan untuk menunda Pilkada hasilnya tetap berbeda dengan keputusan DPR dan pemerintah.

Dalam raker antara Komisi II, KPU, Bawawslu, DKPP dan Kemendagri memutuskan untuk sepakat pilkada serentak tetap akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pemerintah melalui Juru Bicara Presiden Fadjorel Rachman menegaskan, pelaksanan Pilkada harus mengutamakan protokol kesehatan secara ketat. 

Kini keputusan sudah dibuat. Pelaksanaan Pilkada tetap akan berlangsung sesuai jadwal. Tapi yang perlu diingat, keselamatan rakyat tetap harus menjadi yang utama. Di atas kepentingan apapun termasuk kepentingan politik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.