Kompas TV regional berita daerah

Limbah Mebel Disulap Jadi Miniatur Truk Bernilai Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 22 September 2020, 18:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Seorang warga di Kabupaten Lumajang Jawa Timur pandai memanfaatkan limbah mebel kayu menjadi kerajinan miniatur truk bernilai jutaan rupiah. Hasil kerajinannya dipasarkan ke berbagai kota di luar Jawa.

Adalah Slamet Sugianto, warga Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, yang pandai memanfaatkan limbah mebel. Limbah berupa potong kayu diolah menjadi kerajinan miniatur truk, yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas Raup Jutaan Rupiah Berjualan Miniatur Truk

Pembuatan kerajinan miniatur truk diawali dengan membuat pola, lalu potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan. Selanjutnya haluskan dan rakit kayu menjadi truk, yang mirip dengan aslinya. Proses demi proses dilakukan dengan keuletan dan kesabaran.

Ide pembuatan kerajinan ini berawal ketika Slamet Sugianto ingin membuatkan mainan untuk anaknya. Ia pun memilih membuatkan miniatur truk untuk sang buah hatinya.

Baca Juga: Keren! Miniatur Sepeda dari Barang Bekas Mendunia

Tanpa disangka, hasil kerajinannya digemari anak-anak. Ia pun memberanikan diri untuk menjadikannya sumber penghasilan keluarganya. Kini hasil kerajinannya dijual hingga ke seluruh kota di Jawa Timur dan beberapa kota di Sumatera dan Kalimantan.

Anak-anak di sekitar rumah Slamet Sugianto, salah satunya Faris, mengaku senang, karena mereka bisa bermain dan melihat langsung pembuatan miniatur truk.

Satu unit miniatur truk, yang belum dicat dan diberi aksesoris, dijual satu hingga 2 juta rupiah. Sedangkan untuk truk, yang sudah dicat dan diberi aksesoris, dijual hingga sepuluh juta rupiah.

 

#LimbahMebel #MiniaturTruk #Kerajinan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x