Kompas TV nasional kesehatan

Tampak Mirip, Begini Cara Bedakan Gejala Covid-19 dengan Pilek dan Flu Biasa

Kompas.tv - 22 September 2020, 15:45 WIB
tampak-mirip-begini-cara-bedakan-gejala-covid-19-dengan-pilek-dan-flu-biasa
Ilustrasi mengalami pilek. (Sumber: PIXABAY)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pilek, flu dan Covid-19 disebabkan oleh virus-virus yang berbeda, tapi dapat menunjukkan gejala yang mirip.

Orang awam kemungkinan akan sangat sulit menentukan penyakit mana yang sedang mereka alami. Apalagi ketika terjadi di masa pandemi, kecurigaan sering kali mengarah pada Covid-19.

Kebanyakan orang yang merasakan sakit karena virus corona akan mengalami setidaknya satu dari gejala-gejala kunci berikut:

Baca Juga: Wisma Atlet Operasikan Tower 4 untuk Pasien Corona Tanpa Gejala

- Suhu tubuh tinggi

- Batuk yang baru atau berkelanjutan

- Kehilangan kemampuan mencium atau mengecap rasa.

Lalu, jika mengalami satu atau lebih dari gejala tersebut, bagaimana membedakannya? Berikut ulasannya yang dilansir dari kompas.com.

1. Demam

Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya lebih dari 37,8 derajat Celcius. Demam seperti ini terjadi karena tubuh memerangi infeksi, tetapi tidak selalu karena virus corona. Gunakan termometer untuk mengetahui angka suhu yang akurat.

Jika tidak punya, mintalah bantuan orang terdekat untuk menilai apakah tubuhmu terasa hangat.

Penderita pilek sangat jarak mengalami demam. Untuk mengetahui kepastian penyakit yang diderita, ada baiknya kamu menjadwalkan pemeriksaan virus corona.

Baca Juga: Muncul 7 Gejala Baru Covid-19 dan Ini yang Harus Dilakukan

2. Batuk

Pilek atau flu bisa memiliki gejala batuk, terkadang disertai gejala lain. Flu muncul secara tiba-tiba dan terkadang diikuti dengan sakit otot, meriang, sakit kepala, kelelahan, sakit tenggorokan, serta hidung mampet, yang disertai dengan batuk.

Ini akan lebih buruk daripada pilek parah. Pilek cenderung terbentuk secara perlahan dan tidak terlalu parah, meskipun tetap saja rasanya tidak nyaman.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x