Kompas TV internasional kompas dunia

6 Menteri Kesehatan Ini Mundur karena Dianggap Gagal Atasi Corona

Kompas.tv - 22 September 2020, 15:30 WIB
6-menteri-kesehatan-ini-mundur-karena-dianggap-gagal-atasi-corona
Dianggap Gagal Atasi Corona, Para Menteri Kesehatan Ini Mundur (Sumber: Twitter dan Instagram)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan Republik Ceko Adam Vojt ch mengundurkan diri dari jabatannya, Senin (21/9/2020). Hal itu dilakukan saat negara tersebut menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Selain Menteri Kesehatan Republik Ceko, ada lima menteri kesehatan dari negara lainnya yang juga mengundurkan diri dan dipecat karena covid-19 memburuk.

1. Menteri Kesehatan Republik Ceko

Menkes Ceko Adam Vojtch mengundurkan diri saat konferensi pers yang diadakan pada 21 Agustus 2020. Dalam konferensi pers tersebut, Vojtch juga menyampaikan bahwa dirinya telah melakukan yang terbaik untuk mengatasi wabah Covid-19 di Republik Ceko.

2. Menteri Kesehatan Chile

Menkes Chile, Jaime Manalich dipecat sebagai menteri kesehatan usai kontroversi angka kematian akibat Covid-19 melonjak pada Juni lalu. Manalich mendapatkan kritik setelah mengubah cara menghitung kematian Covid-19.

3. Menteri Kesehatan Brasil

Luiz Henrique Mandetta dipecat dari jabatannya pada 16 April lalu. Lebih lanjut, pengganti Luiz Henrique, yakni Nelson Teich juga memilih mengundurkan diri pada 15 Mei lalu.

Belum genap sebulan menjabat, Nelson Teich dikecam Presiden Brasil karena terlalu takut mengeluarkan beberapa anjuran, termasuk penggunaan obat antimalaria dalam melawan Covid-19.

4. Menteri Kesehatan Polandia

Lukasz Szumowski mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menkes Polandia pada 15 Agustus lalu. Pengunduran diri ini dilakukan Szumowski atas kritik yang ditujukan kepada dirinya akibat krisis Covid-19. 

5. Menteri Kesehatan Belanda

Menkes Belanda, Bruno Bruins, mengundurkan diri dari jabatannya pada 19 Maret lalu. Pengunduran ini dilatarbelakangi saat Bruins tiba-tiba dalam rapat yang membahas krisis Covid-19. Bruins menyampaikan bahwa kondisi fisiknya tidak lagi mampu mengemban tugas dalam menangani krisis Covid-19 yang semakin memburuk.

6. Menteri Kesehatan Selandia Baru

Pengunduran diri juga dilakukan oleh Menkes Selandia Baru, David Clark, pada 2 Juli lalu. Pengunduran diri ini menyusul munculnya kasus baru penularan Covid-19 di Selandia Baru. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.