Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Meningkat, 2 Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona Penuh

Kompas.tv - 22 September 2020, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - 2 rumah sakit rujukan covid-19 milik Pemerintah Kabupaten Probolinggo Jawa Timur penuh. Hal ini terjadi karena jumlah pasien virus korona terus meningkat. 2 rumah sakit tersebut adalah RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan RSUD Tongas.

Untuk RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo sudah tidak mampu menampung pasien covid-19. Karena ruang isolasi pasien covid-19 sudah penuh. Dari 70 ruang isolasi, seluruhnya sudah terpakai.

Pihak rumah sakit terpaksa mengarahkan pasien baru ke rumah sakit rujukan lainnya, yang masih mempunyai tempat tidur khusus pasien covid-19.  Sedangkan RSUD Tongas memiliki 110 ruang isolasi dan 60 persen sudah terisi.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Veronica mengatakan untuk mengatasi keterbatasan ruang isolasi, pemerintah daerah berencana menambah kapasitas kedua rumah sakit tersebut.

Pemerintah juga berkoordinasi dengan rumah sakit swasta agar bersedia menampung pasien covid-19. Selain itu, pemerintah akan memindahkan pasien covid-19, yang sudah tidak mengalami gejala ke rumah karantina, yang disediakan Pemkab setempat.

Penuhnya rumah sakit rujukan, karena jumlah pasien covid-19 terus meningkat. Bahkan dalam sehari, ada 50 pasien covid-19 baru.

Hingga Jumat (18/09), jumlah pasien positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo mencapai 721 orang. Dengan rincian, 162 pasien masih dirawat, 531 pasien dinyatakan sembuh dan 38 pasien meninggal dunia.

 

#RumahSakit #Covid19 #VirusCorona

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x