Kompas TV internasional kompas dunia

Covid-19 Terkendali di Selandia Baru: Status Kesiagaan Turun ke Level 1, Kecuali Kota Auckland

Selasa, 22 September 2020 | 06:17 WIB
covid-19-terkendali-di-selandia-baru-status-kesiagaan-turun-ke-level-1-kecuali-kota-auckland
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern (Sumber: Shutterstock)

WELLINGTON, KOMPAS.TV – Selandia Baru mengalami gelombang kedua kemunculan Covid 19 pada pertengahan Agustus lalu. Namun kini, pengendalian virus berjalan dengan sangat baik, sehingga hari ini status kesiagaan diturunkan menjadi level 1 untuk seluruh wilayah Selandia Baru selain Kota Auckland.

Pada Senin (21/9/2020) lalu, Selandia Baru mencatat angka nol untuk penambahan kasus Covid 19. Sebelumnya pada 18 September, juga diketahui tidak ada penambahan kasus baru di negara Pasifik ini.

Dengan capaian yang menggembirakan ini, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memastikan bahwa negara kiwi dalam posisi yang baik untuk melawan pandemi mematikan.

"Dalam dunia yang serba tidak pasti, kami dapat memberikan kepastian dan keyakinan dalam rencana yang sedang berjalan," katanya seperti dilansir dari TVNZ1 Selasa (22/9/2020). "Kita dapat melihat kebangkitan gelombang kedua di seluruh dunia dan melihat bahwa sebenarnya, kita masih berada di tempat yang sangat, sangat baik," tambahnya

Namun demikian, hingga hari Minggu (20/9/2020) masih terdapat 71 kasus aktif di Selandia Baru, yang sebagian besar berada di kota Auckland. Karena itulah, status di Auckland masih belum bisa diturunkan ke level 1. Pada tanggal 24 September mendatang, status siaga di kota jAuckland juga akan diturunkan dari level 2.5 ke level 2.

Dalam status di level 2, masyarakat di Auckland boleh berkumpul dengan jumlah maksimal 100 orang. Selain itu, tetap dilakukan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Ardern mengatakan, dia membuat keputusan penurunan level kesiagaan ke level 1, karena belum ada kasus komunitas Covid-19 yang ditemukan di luar kota Auckland.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:31
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   LIBUR PANJANG, PENGELOLA KAWASAN WISATA DISPARBUD BLITAR BATASI PEZIARAH MAKAM BUNG KARNO CEGAH COVID-19   PANDEMI KORONA, PEMPROV BALI BELUM IZINKAN BIOSKOP KEMBALI BEROPERASI    PEMPROV DKI WAJIBKAN PENGELOLA TEMPAT WISATA BATASI PENGUNJUNG MAKSIMAL 25 PERSEN SELAMA LIBUR PANJANG   KEMENPORA AJAK PEMUDA INDONESIA MELANGKAH MAJU UNTUK INDONESIA LEBIH BAIK   KPU DEPOK IMBAU MILENIAL TAK RAGU GUNAKAN HAK PILIH KE TPS SAAT PILKADA 2020    MENTERI BUMN ERICK THOHIR SIAP DUKUNG PELAKU UMKM DALAM INFRASTRUKTUR, PENDANAAN, DAN AKSES PASAR   KEMENDESA PDTT SEBUT EKONOMI DESA MASIH JAUH TERTINGGAL DARI KOTA   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: IZIN USAHA PENGOLAHAN KOMODITAS PERIKANAN SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT   KEMENTERIAN PERHUBUNGAN APRESIASI PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   MAKI NILAI VONIS PENJARA SEUMUR HIDUP DALAM KASUS KORUPSI DI ASURANSI JIWASRAYA BISA JADI EFEK JERA BAGI KORUPTOR   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO TERIMA ANUGERAH RISING STAR OF DEMOCRACY   ANTISIPASI BANJIR, BPBD CIANJUR: JIKA HUJAN DERAS 2 JAM, WARGA DEKAT DAERAH ALIRAN SUNGAI SIAP-SIAP MENGUNGSI   MUSIM HUJAN, BPBD IMBAU MASYARAKAT TINGKATKAN KEWASPADAAN POTENSI ANCAMAN BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR