Kompas TV internasional kompas dunia

KTP Untuk Sapi Dan Kerbau

Kompas.tv - 21 September 2020, 21:37 WIB
ktp-untuk-sapi-dan-kerbau
Hewan sapi dan kerbau di Bengal Barat India wajib memiliki KTP yang dilengkapi dengan foto diri dan nomor identitas (Gambar Ilustrasi) (foto: Agung Pribadi)
Penulis : Agung Pribadi

Bengal Barat, Kompas TV - Ternyata Kartu Tanda Pengenal (KTP) bukan hanya milik penduduk yang tinggal atau berdomisili di suatu tempat saja. Tahukah anda, bahwa hewan sapi dan kerbau di India juga harus memiliki KTP?

Seekor sapi wajib memiliki KTP lengkap dengan foto diri di bagian atasnya, tak hanya itu hewan itu juga ditempeli nomor identitas pada label kartu yang dipasang pada telinganya sebagai tanda pengenal.

Aturan ini diberlakukan di Bengal Barat sebuah negara bagian di India. Ide pembuatan KTP ini pertama kali datang dari PM Narendra Modi yang menginginkan adanya angka identifikasi 12 digit untuk 88 ekor sapi dan kerbau di India pada akhir 2017 silam.

Selanjutnya 100.000 petugas mendata, memotret serta memasang label kartu berwarna kuning di telinga hewan-hewan itu di seluruh India dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan dari industri susu pada 2022.  

Label yang dipasang pada telinga ternak itu tahan cuaca dan dirancang bisa bertahan selama beberapa tahun.

Di India kini terdapat 47 juta ekor sapi dan 41 juta kerbau dari berbagai jenis.
Menurut ajaran agama Hindu yang banyak dianut di  negara India, sapi merupakan hewan suci, sehingga keberadaannya pun cukup diperhitungkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.