Kompas TV nasional update corona

CDC Akui Virus Corona Bisa Menyebar di Udara, Panduan Penanganan Covid-19 Berubah

Kompas.tv - 21 September 2020, 20:55 WIB
cdc-akui-virus-corona-bisa-menyebar-di-udara-panduan-penanganan-covid-19-berubah
Ilustrasi: foto mikroskopik virus corona. CDC Akui Virus Corona Bisa Menyebar di Udara, Panduan Penanganan Covid-19 Berubah. (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Virus corona bisa menyebar di udara (airborne). Pernyataan terebut dilayangkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

CDC memperbarui panduan mengenai penyebaran Covid-19 pada Jumat (18/9/2020).

Panduan tersebut kini menyebut bahwa virus corona SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 merupakan jenis virus yang bisa menyebar di udara ( airborne).

Oleh karena itu, virus corona SARS-Cov-2 merupakan salah satu jenis virus yang paling menular dan mudah menyebar.

Baca Juga: Muncul 7 Gejala Baru Covid-19 dan Ini yang Harus Dilakukan

Pihak CDC menyatakan bahwa virus corona menyebar melalui droplet atau partikel kecil, seperti aerosol, yang diproduksi ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, menyanyi, berbicara atau bernapas.

"Partikel-partikel ini bisa dihirup melalui hidung, mulut, saluran pernapasan dan paru-paru dan menyebabkan infeksi. Ini dianggap sebagai jalur utama penyebaran virus," ungkap CDC.

CDC lantas menulis bahwa ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa droplet dan partikel airborne bisa bertahan di udara dan dihirup oleh orang lain.

Droplet dan partikel airborne juga bisa terbang hingga jarak lebih dari 1,8 meter. Misalnya ketika praktik paduan suara, di restoran atau di tempat olahraga.

"Secara umum, lingkungan dalam ruangan tanpa ventilasi yang baik meningkatkan risiko ini (penyebaran virus corona)," tulis mereka.

Baca Juga: Wisma Atlet Operasikan Tower 4 untuk Pasien Corona Tanpa Gejala

Menyebar Manusia ke Manusia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x