Kompas TV internasional kompas dunia

Dijual, Udara Bersih Dan Segar Dari Pegunungan

Kompas.tv - 21 September 2020, 20:19 WIB
dijual-udara-bersih-dan-segar-dari-pegunungan
Penduduk kota yang sengaja datang ke pegunungan di provinsi Guangdong, tengah menikmati kantong plastik berisi udara segar yang dibelinya dari pedagang lokal (Sumber: Shanghaiist)
Penulis : Agung Pribadi

Guangdong, Kompas TV - Persoalan udara bersih menjadi masalah tersendiri bagi penduduk yang tinggal di perkotaan. Hal ini menyebabkan sebagian dari mereka melarikan diri dari rutinitasnya, dan mencari alternatif kehidupan baru yang lebih bersih walau hanya bisa dilakukan sesaat.

Di sebuah pegunungan tempat wisata yang terletak di provinsi Guangdong di Cina, ada penduduk lokal yang memiliki wawasan bisnis untuk menghasilkan uang dengan menjual udara segar alami dari kawasan itu.

Pedagang dadakan yang merupakan warga dari desa Lianshan Zhuang dan Yao ini, berjualan udara segar di dalam kantong plastik. Dan menawarkannya kepada turis perkotaan yang sengaja datang ke pegunungan, demi mendapat udara yang lebih baik.

Provinsi Guangdong memiliki 80% kawasan yang merupakan hutan hijau. Dari kawasan hutan itu, desa Lianshan adalah area paling hijau.

Menurut NetEase (dari Shanghaiist), harga udara segar yang dijual berkisar dari 10 yuan ($ 1,50) untuk plastik ukuran kecil dan hingga 30 yuan ($ 4,50) untuk plastik yang lebih besar.

Beberapa orang turis membuka kantong plastik berisi udara segar untuk dihirup, Penelitian pada 2014 menyebutkan, jumlah rakyat China didiagnosa menderita kanker paru-paru sebanyak 4 juta orang dari total seluruh masyarakat Negeri Tirai Bambu itu (Sumber: Shanghaiist)

Anehnya, sebagian turis-turis itu membuka dan menikmati kantong plastik berisi udara segar itu di lokasi pegunungan yang sama.

Padahal mereka bisa saja menarik nafas di udara pegunungan secara cuma-cuma.

Melihat situasi ini, baru terasa betapa besarnya nikmat yang telah Tuhan berikan kepada kita selama ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.