Kompas TV regional update corona

16 Orang Positif Covid-19 setelah Menggelar Arisan RT

Kompas.tv - 21 September 2020, 08:00 WIB
16-orang-positif-covid-19-setelah-menggelar-arisan-rt
Ilustrasi: ancaman virus corona (covid-19) dengan mikro droplet (Sumber: Pixabay)
Penulis : Desy Hartini

KULON PROGO, KOMPAS.TV – Sebanyak 16 orang positif Covid-19 yang berada di salah satu RT pada Pedukuhan Tlogolelo, Kalurahan (desa) Hargomulyo, Kecamatan Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mereka sedikitnya berasal dari lima keluarga. Kini mayoritas penderita menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dalam satu blok RT yang juga tengah dikarantina. Beberapa ada yang diisolasi di rumah sakit.

Baca Juga: Heboh Chating Pasien Ajak Menyebar Corona, Wali Kota Semarang: Sudah Ditangani Dengan Baik

“Yang diisolasi di (RT) sini sembilan orang, sejak hasil swab kami terima semalam. Mereka terdiri lima orang satu keluarga kami jadikan satu. Dua di rumah sendiri-sendiri. Dua lagi masih ada keluarganya, tapi dikondisikan berjaga-jaga,” kata Kepala Dusun Tlegolelo, Wisnu Broto, Sabtu (19/9/2020), yang dilansir dari kompas.com.

Diduga Terkait Arisan RT

Wisnu pun mengaku prihatin Covid-19 menimpa wilayahnya dalam jumlah yang banyak. Semua diduga terkait dengan sebuah pertemuan RT. Warga berkumpul di sana untuk menggelar arisan sebagaimana rutinitas kegiatan RT.

Wisnu menyebut mulanya Tlogolelo adem ayem dan baik-baik saja. Belum pernah ada kasus Corona yang menjangkit di sana. Kegiatan masyarakat mulai berjalan seperti biasa seiring adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Semua aktivitas kembali berlangsung, tetapi tetap memperhitungkan protokol kesehatan. Kegiatan olahraga terlihat hidup, seperti voli dan sepakbola, anak-anak bermain, bahkan arisan RT sempat berjalan dua kali.

"Arisan pertama baik-baik saja. Setelah pengundian, didapati arisan berikutnya di rumah keluarga lain tapi di bulan berikutnya," kata Wisnu.

Arisan kedua berlangsung pada awal September di salah satu rumah warga yang bekerja sebagai pedagang ikan. Keluarga ini biasa berdagang ikan ke pasar-pasar dan ke kecamatan sebelah. Tak lama usai pertemuan RT, salah satu anggota keluarga pedagang ikan ini mengeluh sakit.

Baca Juga: Tingginya Kasus Corona Klaster Perkantoran di Jakarta, Ini Penjelasan Ahli

Ia laki-laki (64), lantas menjalani perawatan beberapa hari di Puskesmas dan dirujuk ke RS Akademik UGM. Hasil swab menunjukkan pria ini positif Covid-19, sekaligus menyandang kasus positif ke-93 (KP 93) di Kulon Progo.

Tracing Kasus Positif

Puskesmas segera melaksanakan penyelidikan epidemiologi ke kontak erat KP 93.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x