Kompas TV nasional viral

Apa Artinya Odading? Ternyata dari Sini Asal-Usulnya...

Kompas.tv - 20 September 2020, 18:15 WIB
apa-artinya-odading-ternyata-dari-sini-asal-usulnya
Ilustrasi kue bantal atau yang dinamakan Odading di Jawa Barat. Menjadi viral setelah video review Odading Mang Oleh. (Sumber: SHUTTERSTOCK)
Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Baru-baru ini Odading Mang Oleh begitu santer terdengar di telinga karena viral di media sosial.

Jajanan khas Bandung tersebut viral setelah artis Instagram Ade Londok mengunggah video review Odading Mang Oleh dengan unik.

Apalagi ada kata-kata seperti “Rasanya seperti Anda menjadi Iron Man” dan kata-kata kasar yang jadi diingat oleh para warganet.

Baca Juga: Odading Mang Oleh Viral, Ridwan Kamil Tunjuk Ade Londok Jadi Duta Kuliner Jabar

Odading Mang Oleh sendiri dijual di gerobak PKL di Jalan Baranang Siang di sekitar Gedung Rumentang Siang, Kota Bandung.

Odading Mang Oleh yang bernama resmi Mang Sholeh ini sudah menjadi jajanan khas yang bisa didapat di sekitar Pasar Kosambi, dan jajanan ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Arti Odading dan Asal-Usul Penamaannya

Menurut Sejarawan kuliner dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Fadly Rahman, odading adalah jenis kue atau kudapan dengan bahan-bahan sama halnya seperti donat.

Fadly menjelaskan odading adalah jenis kue yang dibuat tanpa sengaja.

"Dan kebetulan mulai dikenalnya ini di Jawa Barat pada masa-masa kolonial, ketika tepung terigu saat itu jadi bahan makanan yang sangat digandrungi oleh masyarakat," kata Fadly (17/9/2020) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Viral Karena Promosi 'Ngegas' Odading Mang Oleh, Ini Fakta Kue Odading Asal Bandung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x