Kompas TV regional berita daerah

Deputi Kemenpan RB Puji Pelayanan Imigrsi Makassar

Kompas.tv - 19 September 2020, 22:10 WIB
deputi-kemenpan-rb-puji-pelayanan-imigrsi-makassar
Aplikasi Kareba, aplikasi berbasis android dapat didownload gratis oleh masyarakat memuat berbagai macam informasi mengenai Pelayanan Keimigrasian (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB, H. Jufri Rahman memantau sarana dan prasarana layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar dalam upaya membangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) setelah sebelumnya berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB di bawah pendampingan Kanwil Sulsel.(18/09) 

Didampingi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto, Jufri Rahman mencoba sejumlah fitur inovasi layanan yang tersedia di Digital Lounge Imigrasi Makassar, yang merupakan ruang tunggu berkonsep One Stop Information Center berbasis digital dengan fasilitas penunjang kebutuhan informasi Keimigrasian yang dibutuhkan oleh masyarakat

Kakanim Makassar, Agus Winarto menjelaskan beberapa inovasi tersebut, diantaranya KOIN (Kaisar One Stop Information) adalah sajian informasi layanan keimigrasian dan profil Imigrasi Makassar. Kaisar E-Guest, fitur buku tamu digital. Informasi layanan untuk pemohon berkebutuhan khusus, tersedia informasi bacaan dalam bentuk huruf brielle untuk tuna netra dan subtitle video informasi layanan untuk penyandang tuna rungu

Aplikasi Kareba, aplikasi berbasis android dapat didownload gratis oleh masyarakat memuat berbagai macam informasi mengenai Pelayanan Keimigrasian dan juga terhubung langsung dengan Aplikasi Pengawasan Orang Asing. Serta Internet Corner yang dibuat khusus untuk keperluan masyarakat dalam mengajukan permohonan layanan keimigrasian berupa Paspor bagi WNI dan Izin Tinggal untuk WNA.

Aplikasi Kareba, aplikasi berbasis android dapat didownload gratis oleh masyarakat memuat berbagai macam informasi mengenai Pelayanan Keimigrasian dan juga terhubung langsung dengan Aplikasi Pengawasan Orang Asing (Sumber: Humas Kanwilkumham sulsel)

Lebih lanjut Jufri Rahman juga mengevaluasi layanan informasi dan pengaduan dengan menelpon langsung, serta fasilitas dan alur layanan.

“apresiasi patut diberikan atas kemajuan Imigrasi Makassar dalam memberikan layanan yang nyaman, efektif, dan efisien dan searah dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan Sistem Pemerintahan berbasis elektronik,” ungkap Deputi membuka sambutannya

Jufri Rahman menerangkan bahwa Pembangunan Zona Integritas (ZI) merupakan miniatur Reformasi Birokrasi, yang memuat 6 dari 8 area perubahan Reformasi Birokrasi. Jufri Rahman memberi penekanan pada kenyamanan dan keamanan dalam memberikan layanan. Bagaiamana penerima layanan merasa puas atas layanan yang diberikan, tentunyan dengan inovasi di semua area perubahan ZI.

Dalam hal keamanan, diperlukan jalur evakuasi untuk mitigasi bencana guna meminimalisir korban jiwa. Hal yang tak kalah penting adalah pemisahan area pemberi layanan dan area penerima layanan, untuk menghindari potensi penyimpangan atau transaksi di bawah tangan berkaitan dengan kebijakan pelayanan yang diberikan.

#MENPANRB
#KANWILKUMHAM
#IMIGRASIMAKASSAR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.