Kompas TV video cerita indonesia

Detik-Detik Evakuasi Tiga Crew Helikopter PK-USS dari Pedalaman Hutan

Kompas.tv - 19 September 2020, 22:11 WIB
Penulis : Theo Reza

JAYAPURA, KOMPASTV - Setelah bertahan dua hari di hutan, tiga crew helikopter PK-USS yang hilang kontak sejak hari Kamis (17/9/2020) berhasil dievakuasi ke Nabire untuk mendapatkan penanganan medis.

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi tiga kru helikopter PK-USS milik PT. National Utility Helicopters yang mendarat darurat di pinggiran kali Degewou kawasan hutan pedalaman kabupaten Paniai, Papua pada sabtu (19/8/2020) siang.

Proses evakuasi berlangsung dramatis, ketiga korban dievakuasi dengan cara diangkat menggunakan tali safety dari darat ke helicopter.

Proses evakuasi dilakukan dua tahap untuk tahap pertama tim evakuasi membawa dua korban yakni Pilot Kapten Endi Nawalaga dan Kapten Erik Kurniawan dan tahap kedua mengevakuasi KRU Muhamad Aswar Jamal.

Ketiganya diterbangkan menuju bandara Aturure Douw Nabire selanjutnya dilarikan ke rumah sakut umum daerah Nabire untuk untuk mendapatkan penanganan medis.

Sebelumnya, Helikopter PK-USS dilaporkan hilang kontak pada kamis 17 september 2020 namun pada jumat siang heli ditemukan di ketinggian 4700 meter di atas permukaan laut.

Helikopter PK-USS diduga mendarat darurat di cekungan aliran sungai dengan posisi heli terbalik ke samping akibat tumpuan tanah miring.

Helikopter ditemukan setelah ketiga crew helikopter memberikan tanda-tanda meminta pertolongan dengan menggunakan lambaian menggunakan kain merah pada Jumat siang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.