Kompas TV regional kriminal

Viral! Wanita di Deli Serdang Mencuci Bendera Merah Putih dengan Sikat WC

Kompas.tv - 19 September 2020, 11:07 WIB
viral-wanita-di-deli-serdang-mencuci-bendera-merah-putih-dengan-sikat-wc
Bendera Merah Putih (Sumber: Pixabay)

DELI SERDANG, KOMPAS.TV - Seorang wanita di Deli Serdang, RP (28), melakukan aksi tidak terpuji terhadap bendera merah putih. Lambang negara itu dicucinya dengan menggunakan air dan sikat WC.

Aksi yang divideokannya itu bahkan diunggah di akun media sosial miliknya. Unggahan RP kemudian viral di jagat media sosial.

RP diketahui merupakan warga Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam, Deli Serdang.

Pihak kepolisian mengaku sudah mengamankan pelaku. “Ya, sudah kita tangkap dan amankan. Akan kita sidik dan teruskan ke jaksa penuntut umum,” ujar Kasubdit Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Jumat (18/9/2020) malam, dikutip dari Kompas.com.

Selain mencuci bendera Indonesia dengan air dan sikat WC, RP juga melakukan penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Terhadap kedua pemimpin negara itu, RP melakukan perusakan dengan memberikan warna di kedua foto tersebut. Dalam video yang diunggahnya di media sosial, gambar dua pemimpin negara ini juga diinjak-injak.

Bersama RP, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu unit ponsel yang digunakan untuk merekam aksinya, akun media sosial atas nama Lovelyta Putri Valentine dan @maya.maya635, satu buah foto Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, dan satu bendera merah putih.

Atas aksinya, RP melanggar Pasal 57 Jo Pasal 68 Undang-Undang RI Nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan.

Kemudian Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 perubahan atas Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 310 Jo Pasal 316 KUHPidana.

Baca Juga: Ibu-Ibu yang Gunting Bendera Merah Putih di Sumedang Ditetapkan Tersangka

Motif Cuci Bendera Merah Putih

Berdasarkan pemeriksaan aparat kepolisian, RP mengaku melakukan hal itu untuk mencari perhatian dunia. 

RP mengaku kecewa karena hubungan asmaranya ditentang oleh keluarga, kerabat, dan teman-temannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x