Kompas TV nasional update corona

Luhut: Jangan Nyinyir Kalau Enggak Ngerti Masalah, Kita Ini Punya Otak dan Kerja Kok

Kompas.tv - 18 September 2020, 20:31 WIB
luhut-jangan-nyinyir-kalau-enggak-ngerti-masalah-kita-ini-punya-otak-dan-kerja-kok
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi kritikan berbagai pihak karena dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menangani Covid-19 di sembilan provinsi yang penularannya tinggi.

Luhut ditunjuk bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Dalam menanggapi kritikan itu, Luhut meminta pihak yang mengkritiknya tidak sok tahu dalam hal penanganan Covid-19.

Baca Juga: UPDATE 18 September 2020: Bertambah 3.891, Kasus Covid-19 di Indonesia Kini 236.519

Hal itu disampaikan Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jumat (18/9/2020). 

"Jangan terlalu nyinyir kalau enggak ngerti masalah (penanganan Covid-19). Kalau perlu datang tanya sama kita. Kita ini kerja kok. Punya otak, punya kekuatan, punya tim yang bagus," kata Luhut dalam konferensi pers, Jumat (18/9/2020).

"Jadi tidak usah merasa ini tidak bisa-ini tidak bisa. Anda belum pernah mengerjakan jadi tidak usah komentar kalau belum paham," lanjut Luhut.

Luhut menambahkan, pemerintah bekerja secara serius dalam menangani Covid-19 di sembilan provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Ia pun mengatakan, timnya telah bekerja untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan mengoptimalkan manajemen rumah sakit dalam penanganan Covid-19. 

Meski demikian, Luhut mengakui setiap kebijakan tidak ada yang sempurna. Namun dipastikannya dirinya bersama dengan tim akan terus berusaha menyelesaikan masalah Pandemi COVID-19 di daerah-daerah yang menjadi klaster penyebaran pandemi COVID-19.

Baca Juga: 9 Provinsi di Indonesia Jadi Prioritas Penanganan Covid-19, Ini Pertimbangan Pemerintah!

"Kita memerlukan upaya yang lebih tegas untuk mengubah perilaku masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," kata Luhut.

"Kita semua harus kompak. Tidak boleh salah menyalahkan, tidak boleh merasa paling benar sendiri terus menuduh sana menuduh sini. Tenang saja, kita selesaikan ini dengan baik. Bahwa ini kita upayakan jangan sampai ada outbreak. Itu aja tugas kita sampai vaksin ini (selesai)," lanjut Luhut.

#Luhut #Covid19 #Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.