Kompas TV regional berita daerah

Wisata Bunga Enceng Gondok Di Tepi Sungai Opak

Jumat, 18 September 2020 | 17:43 WIB

BANTUL, KOMPAS.TV - Beginilah pemandangan indah bunga eceng gondok yang berada di aliran Sungai Opak tepatnya di Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, BantulYogyakarta. Surutnya air Sungai Opak saat musim kemarau, ternyata memunculkan tumbuhan air liar seperti eceng gondok yang berkumpul di pinggir sungai.

Melihat fenomena alam yang menarik dan langka ini, sejumlah pemuda berinisiatif mengelola lokasi hamparan enceng gondok ini, menjadi destinasi wisata musiman. 

Hamparan tumbuhan enceng gondok ini muncul sejak dua bulan lalu saat musim kemarau tiba. Debit air sungai yang sedang surut menyebabkan tanaman enceng gondok cepat berkembang. Saat berbunga, tanaman enceng gondok terlihat indah. Bunga enceng gondok yang berwarna ungu mampu memanjakan mata wisatawan yang datang.

Bagi wisatawan yang akan berkunjung, disarankan untuk datang di sore hari karena di waktu tersebut bunga enceng gondok terlihat lebih cerah. Pengelola juga menyediakan sejumlah perlengkapan untuk swafoto, seperti payung dan busana kimono. Untuk sewa kimono, pengunjung hanya membayar Rp 25.000,- dengan durasi 15 menit.

Selain untuk wisata, lokasi hamparan bunga enceng gondok ini diharapkan juga bisa menjadi wahana edukasi tentang alam dan lingkungan. Membuka lokasi wisata di tengah pandemi, tentunya pihak pengelola tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Diantaranya, pengecekan suhu tubuh pengunjung, penggunaan masker, jaga jarak dan jumlah pengunjung yang masuk dibatasi tidak lebih dari 10 orang.

#SungaiOpak #EncengGondok #DestinasiWisata

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Perempuan Dan Rempah Sumsel

Kamis, 29 Oktober 2020 | 02:22 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:27
PERINGATI SUMPAH PEMUDA, MENKEU SRI MULYANI MINTA GENERASI MUDA BAHU-MEMBAHU BANGUN BANGSA   WALI KOTA SURABAYA TRI RISMAHARINI BERHARAP PEMUDA PERERAT KEBERSAMAAN DAN LAWAN KEMISKINAN   WALI KOTA BOGOR MINTA ASN YANG KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG LAKUKAN TES USAP DAN KARANTINA MANDIRI   BPOM PASTIKAN VAKSIN COVID-19 AMAN SEBELUM BERI IZIN EDAR   KLHK: PENATAAN SARANA DAN PRASARANA WISATA DI PULAU RINCA TETAP PATUHI KAIDAH KONSERVASI   KPAI MINTA DISDIK TINDAK TEGAS GURU DI DKI JAKARTA YANG AJAK SISWA PILIH KETUA OSIS SEAGAMA   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI MENGAKU KESAL ISU PKI DIGUNAKAN UNTUK MEMBOHONGI RAKYAT   MEGAWATI SOEKARNOPUTRI: ZAMAN GINI MASIH NGOMONGIN PKI, BUKTIKAN DONG   POLRI IMBAU MASYARAKAT TETAP DI RUMAH SELAMA LIBUR PANJANG UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   DANIEL MANANTA: KSP DIBERI SEPEDA KARENA MENDUKUNG PRODUK DALAM NEGERI, JANGAN JADI POLEMIK   MOELDOKO: DIREKTUR GRATIFIKASI KPK SYARIF HIDAYAT MENYATAKAN PEMBERIAN KEPADA LEMBAGA TIDAK MASUK GRATIFIKASI   MOELDOKO MENGAKU SUDAH BERKONSULTASI DENGAN KPK PERIHAL SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA   MOELDOKO: SEPEDA DARI DANIEL MANANTA DIBERIKAN UNTUK PERAYAAN KEGIATAN HARI SUMPAH PEMUDA YANG DIGELAR OLEH KSP   KEPALA STAF KEPRESIDENAN MOELDOKO KLARIFIKASI SEPEDA LIPAT DARI DANIEL MANANTA BUKAN UNTUK PRESIDEN JOKOWI